Breaking News

Kadis Kesehatan Buka Rapat Kordinasi Kab. Kota Sehat Tingkat Kecamatan Menuju Kampar Sehat 2023



Bangkinang Kota, Figurnews.com - Mewakili Penjabat Bupati Kampar, Kepala Dinas Kesehatan membuka rapat Kordinasi Kabupaten Kota Sehat Tingkat Kecamatan Menuju Kabupaten Kampar Sehat Tahun 2023. Seluruh OPD, para Camat dan Kades diminta untuk mendukung dalam mencapai Kampar sebagai Kabupaten Kota Sehat.

Penjabat Bupati Kabupaten Kampar yang diwakili kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, dr. Zulhendra Das'at, 14/03/23) di aula lantai III Kantor Bupati Kampar mengatakan, bahwa rapat kordinasi Kabupaten Kota Sehat Tingkat Kecamatan Menuju Kabupaten Kampar Sehat Tahun 2023, merupakan lanjutan rapat tim pembinaan tingkat kabupaten yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

Zulhendra juga menyampaikan, dalam mencapai Kampar sebagai Kabupaten Kota sehat, perlu dibentuk tim di tingkat kecamatan. Karena Lokus penilaian yang akan dilaksanakan oleh Kementerian berada di desa pada 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Kampar. Oleh karena itu, sangat membutuhkan kerjasama dari seluruh stakeholder yang ada. "Mari kita mempersiapkan diri untuk menuju penilaian kabupaten sehat", ajak Zulhendra kepada seluruh Camat, Kepala Puskesmas dan OPD yang hadir pada rapat kordinasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Poppy Rahmadini, SKM., M.Si mengatakan, bahwa pada penilaian Kabupaten Kota Sehat terdapat beberapa instrumen. Terdapat 9 Tatanan dengan 150 indikator, diantaranya Kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar, pariwisata, transportasi dan perindustrian, perlindungan sosial, dan pencegahan dan penanganan bencana, ungkap Poppy

Poppy menjelaskan, bahwa guna dalam penilaian tersebut, kita harus memiliki Forum Komunikasi (Forkom) kecamatan. Minimal pada 17 kecamatan di Kabupaten Kampar. Forkom dibuktikan dengan SK yang meliputi kelengkapan struktur organisasi minimal Ketua, sekretaris dan bendahara. 

Poppy juga menambahkan, bahwa setiap aktivitas anggota harus dilengkapi dengan dokumentasi yang berhubungan dengan notulen dan rapat hadir. Kegiatan Forkom  disertai dengan dokumentasi. Ada sekretariat Forkom terdapat Rencana Kerja/Kegiatan yang berkaitan dengan tatanan. Dan memiliki sumber dana kegiatan yang jelas, ungkap Poppy.

Menurut pantauan wartawan, bahwa pada rapat Kordinasi Kabupaten Kota Sehat Tingkat Kecamatan Menuju Kabupaten Kampar Sehat Tahun 2023 juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas PMD, Para Camat, Para Kepala Kapus dan beberapa utusan OPD lainnya. Rapat berjalan penuh khidmat dan lancar. (Advetorial/Adi Jondri).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre