Breaking News

Wali Nagari Rawang Gunung


Painan,Figurnews.com -- Wali Nagari Rawang Gunung Malalo Aprizal, memyebut  menjadi daerah yang mengawali panen raya di awal tahun 2023. di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, dipastikan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi petani sehubungan harga beras di pasaran relatif membaik.

Wali Nagari Rawang Gunung Malelo  Aprizal,memastikan panen,Hal ini sangat menguntungkan, karena tanaman padi tidak terserang hama maupun penyakit tanaman.pada waktu saat ini.

Serel salah seorang petani Dinagari Rawang Gunung malelo Surantih Mengatakan,"Panen padi miliknya seluas Lebih kurang satu hektar sangat memadai hasilnya dari tahun tahun sebelumnya.ucapnaya kepada media Figurnews.com di sawah miliknya tengah panen.Jumat sore 17/2/2023

Lanjutnya,Pada umumnya petani di sini sebagai petani penggarap dan biaya untuk pembelian benih dan pupuk terlebih dahulu ditanggung oleh pemilik sawah,namun setelah berhasil panen nanti dipotong,termasuk hitungan perincian penggunaan sawah.


Wali nagarinya memperkirakan panen raya itu sekitar 500 hektare dan dipastikan berlangsung hingga April mendatang, karena mereka petani melaksanakan jadwal tanam Januari 2023 lalu.

Panen padi di sini itu rata-rata selama tiga bulan dengan menggunakan benih bersertifikat unggul,sehingga produktivitasnya cukup tinggi serta tahan terhadap serangan hama.Kami merasa tenang dan lega saat panen padi,Tutup wali dan petaninya

Begitu juga petani lainnya, Roni (45) seorang petani warga nagari Taratak, Kecamatan sutera mengaku bahwa panen diwilayahnya relatif bagus dan tidak terserang hama dibandingkan tahun sebelumnya.Sebab, pertanian pangan di sini dilakukan sejak turun temurun oleh petani setempat.

Sementara itu,Kabid Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan Yenni Gusti mengatakan,Memang panen raya saat ini hasilnya bagus dan alhamdulilah memuaskan,Begitu juga harga ditingkat petani juga masih stabil tidak sama dengan panen raya sebelumnya.Sebabharga gabah sampai turun saat panen raya.Sehingga petani mengeluh.Mufah mudahan produksi yang bagus didukung iklim dan teknis budidaya yang baik produksi padi bisa membantu petani utk peningktn kesejahteraan.Tutup kabid(Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre