Breaking News

Tutup MTQ XII PP Syekh Burhanuddin, Dr. Kamsol, MM Berpesan Tumbuhkembangkan dan Lestarikan Minat Baca Al-Qur'an


Kuntu Darussalam, Figurnews.com- Bertempat di Pondok Pesantren (PP) Syekh Burhanuddin Desa Kuntu Darussalam Kecamatan Kampar Kiri PJ. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM tutup pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XII antar Kafilah PP Syekh Burhanuddin, Sabtu (21/1). Ikut mendampingi Pj. Bupati Kampar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kampar Suhermi, ST, Camat Kampar Kiri Marjanis,S.Sos, Kepala Desa Kuntu Asril, Kepala Desa Kuntu Darussalam  Maldanis, pimpinan PP Syekh Burhanuddin Buya H. Ahmad Junaidi Jamarin, SH selaku Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala Diniyah Ulya Buya Syekh Ahmad Qusyairi Jamarin, SPd.i dan Kepala Diniyah Wustho Buya Habibullah Jamarin, SPd.i. Serta para Ustazd /Ustazah, Majlis guru dan masyarakat yang memadati Astaka MTQ. 


Dalam sambutannya pada penutupan MTQ XII antar Kafilah PP Syekh Birhanuddin, Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol , MM mengatakan tentang manfaat besar dari penyelenggaraan MTQ. 


"Ada 3 (tiga) manfaat dari penyelenggaraan MTQ ini, pertama sebagai Syiar Agama, kedua dapat sebagai penguat Ukhuwah Islamiyah dan yang ketiga yang tak kalah pentinganya MTQ bermanfaat untuk pelestarian budaya baca Al Qur'an", ucap beliau. 


"Mari kita Tumbuhkembangkan minat baca Al-Quran di tengah-tengah masyarakat" Pinta Kamsol. 


Kamsol juga mengatakan bahwa Pondok Pesantren merupakan bagian dari Integral Sistem Pendidikan Nasional. Yang mana Pondok Pesantren dituntut untuk terus menerus mengembangkan kwalitas para santri dan santriwati. "Pondok Pesantren juga harus mampu menciptakan santri dan santriwati yang benar-benar menguasai sepenuhnya Al Qur'an, harus mampu menetralisir dengan perkembangan zaman yang serba digital dalam era MODERNISASI. 


Untuk itu kegiatan MTQ baik dari tingkat apapun harus tetap ada, dilestarikan dan dikembangkan karena MTQ juga merupakan solusi dalam permasalahan degradasi moral yang dialami oleh bangsa kita" tambahnya. 


Pj. Bupati Kampar juga sangat memuji atas pelaksanaan MTQ ini, " saya terkesima dengan pelaksanaan dan kemewahan pelaksanaan MTQ di PP Syekh Burhanuddin ini, sudah seperti Tingkat Kabupaten" puji beliau yang disambut ucapan Alhamdulillah oleh para undangan, santri dan santriwati serta gemuruh tepuk tangan. 


Pada kesempatan yang sama Pimpinan PP Syekh Burhanuddin Buya H. Ahmad Junaidi Jamarin, SH menyampaikan bahwa MTQ ini hanya tingkat Intra sekolah saja,  antar kafilah berdasar kedaerahan atau asal daerah yang merupakan santri dan santriwati PP Syekh Burhanuddin.  " Kegiatan ini telah terhenti selama 3 (tiga) tahun karena adanya Covid-19 dan baru tahun ini diadakan kembali" ujar Buya H. Ahmad Junaidi Jamarin,SH ditengah-tengah sambutannya. Buya H. Ahmad Junaidi Jamarin, SH juga menyampaikan, kalau MTQ ini terlaksana dengan cara swakelola dari semua pengurus dan peserta didik di Pondok Pesantren. 

Selanjutnya Pj. Bupati Kamsol Dr. Kamsol ,MM menutup secara resmi MTQ XII Antar Kafilah PP Syekh Burhanuddin ditandai dengan penabuhan genderang dan berkesempatan menyerahkan piala dan tropi pada para pemenang. (Advetorial/Adi Jondri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre