Breaking News

TERHAMBAT PEMBEBASAN LAHAN PROYEK PENANGGULANGAN BANJIR DI SUNGAI MATI TERHENTI


SAMARINDA, FIGURNEWS.com-

26 DESEMBER 2022, Walikota Samarinda, Andi Harun lakukan sidak di lokasi proyek penanggulangan banjir tepatnya di kawasan Sungai Mati, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Kaltim. 

Di lokasi itu rencananya akan dibangun pemintas yang nantinya bertujuan agar aliran air sungai tidak berbelok.

Tetapi, proses pengerjaan terhambat karena pembebasan lahan. Bahwa pemilik lahan keberatan dengan harga ganti rugi lahan yang diberikan Pemerintah Kota Samarinda. 

Andi Harun menyampaikan awalnya pemilik telah bersedia memberikan lahannya. Namun berdasarkan laporan tim lapangan pengerjaan proyek tersebut justru malah dihalang-halangi. 

Jika dilihat dari sisi Undang-Undang Pengadaan Lahan untuk Kepentingan Umum, maka ada dua cara yang dapat ditempuh oleh Pemerintah yaitu : Pertama, melakukan negoisasi sampai mencapai kata sepakat dengan pihak pemilik lahan. 

Kedua, jika dipertimbangkan secara cepat harus terlaksana karena pertimbangan kepentingan umum seperti banjir, tetapi tidak disepakati, maka pemerintah dapat melakukan konsinyasi di Pengadilan. 

Andi Harun menyampaikan pihaknya telah menyiapkan kedua opsi tersebut. Selain terus melakukan komunikasi kepada pemilik lahan, pihaknya juga siap jika sewaktu-waktu nantinya pemilik lahan akan melakukan penolakan. 

"Sehingga alternatif kedua melalui konsinyasi ke Pengadilan juga akan kami siapkan," ujarnya. 

"Kami telah melakukan pembicaan dengan beliau selaku pemilik lahan. awalnya beliau bersedia. Walaupun saya dengar hari ini beliau sedikit keberatan. Keberatan mungkin bukan dari sisi tidak mau, tetapi dari sisi harga, saya tidak tahu," ungkap Andi Harun Saat diwawancarai Wartawan Figur News. Edy,S.H. (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre