Breaking News

TAX GATHERING TAHUN 2023 TERKAIT SOSIALISASI PROGRAM PENERAPAN NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN SEBAGAI NOMOR POKOK PAJAK ( NPWP ) DAN PELAPORAN SPT TAHUNAN 2023


Banggai, Figurnews.com- Wakil Bupati Banggai Drs.H.FURQANUDDIN MASULILI Menghadiri Sekaligus Membuka secara resmi kegiatan TAX GATHERING TAHUN 2023 TERKAIT SOSIALISASI PROGRAM PENERAPAN NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN SEBAGAI NOMOR POKOK PAJAK ( NPWP ) DAN PELAPORAN SPT TAHUNAN 2023.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA LUWUK , bertempat di RUANG RAPAT UMUM SETDA BANGGAI , Rabu 18 Januari 2023

Turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Daerah Kab.banggai Ir.ABDULLAH ALI , Para Staf Ahli Bupati , Asisten Setda Kab.banggai , para pimpinan OPD Kab.banggai , kepala kantor pelayanan pajak Pratama Luwuk , para kepala bagian Setda Banggai , Para camat Se-kabupaten Banggai , para lurah yang sempat hadir , para bendahara pengeluaran , hadirin undangan yang sempat hadir.

Wakil Bupati Banggai Drs.H.FURQANUDDIN MASULILI dalam membacakan sambutan Bupati Banggai mengatakan atas nama pimpinan daerah kabupaten Banggai , saya menyambut baik dan memberi apresiasi serta dukungan yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan ini , melalui kesempatan ini pula saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak , mudah mudahan nuansa kebersamaan ini dapat memberi semangat kita untuk membangun daerah banggai , karena dengan rasa tanggung jawab kita yang besar , tentu saja akan memberi yang terbaik dalam memantapkan Sinergritas organisasi perangkat daerah , serta dapat memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat Banggai pada umumnya.

Seperti yang kita ketahui pajak sebagai sumber penerimaan negara yang utama saat ini , dan menjadi penopang dalam rangka pembangunan daerah di kab.banggai dan memiliki peran yang sangat penting guna menunjang penerimaan dari sektor pajak dalam rangka penggunaan dana APBD.

Sehubungan dengan peraturan menteri keuangan nomor 112/PMK.03/2022 tentang nomor pokok wajib pajak bagi wajib pajak orang pribadi , wajib pajak badan , wajib pajak instansi daerah , serta negara dan reformasi birokrasi nomor 41 tahun 2019 , tentang kewajiban dan penyampaian surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi oleh aparatur sipil negara / prajurit tentara Nasional Indonesia  / anggota kepolisian negara republik Indonesia melalui e-filling dan guna mewujudkan kabupaten Banggai sebagai salah satu kabupaten terbaik dalam kepatuhan penyampaian SPT tahunan PPh orang pribadi oleh ASN.

Olehnya itu kata Wabup ,  bupati Banggai akan menerbitkan surat edaran kepada seluruh jajarannya di kab.banggai untuk dapat memenuhi hal hal sebagai berikut ;

1 . Kepada seluruh ASN di lingkup pemerintah kab.banggai di instruksikan untuk mentaati dan mematuhi segala ketentuan perpajakan yang berlaku yaitu melakukan validasi nomor induk kependudukan ( NIK ) ke nomor pokok wajib pajak ( NPWP ) secara online dan segera menyampaikan laporan SPT tahunan PPh orang pribadi tahun pajak 2022 dengan benar lengkap , jelas dan melalui E-FILLING tanpa menunggu jatuh tempo pelaporan yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2023.

2. Bendahara opd di wajibkan untuk membuat , menerbitkan , dan membagikan bukti pemotongan PPh pasal 21 ( formulir 1721-A2 ) tahun pajak 2022 kepada masing masing ASN di unit kerjanya agar dapat dijadikan dasar bagi ASN yang bersangkutan dalam melaporkan SPT tahunan PPh orang pribadi secara online melalui E-FILLING.

3. dalam hal terdapat kendala dan hal hal yang belum di pahami , bendahara opd dapat berkoordinasi dengan kantor pelayanan pajak Pratama Luwuk.

4. Agar setiap kepala OPD memastikan seluruh ASN di satuan kerjanya telah melakukan validasi NIK ke NPWP , telah menyampaikan SPT tahunan PPh orang pribadi tahunan pajak 2022 tepat waktu dan memerintahkan kepada pembuat daftar gaji / bendahara pengeluaran yang mengelola gaji untuk meminta salinan copy tanda bukti penyampaian SPT tahunan PPh tahun pajak 2022 dari seluruh ASN di unit kerjanya , dalam hal bukti penyampaian SPT tahunan belum diserahkan maka usulan pengamprahan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala untuk ASN yang bersangkutan di tunda sementara sampai dengan bukti penyampaian SPT tahunan tahun pajak 2022 di serahkan oleh ASN yang bersangkutan.

Sebagai pimpinan pemerintah kabupaten Banggai , saya memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada seluruh satuan kerja di lingkungan pemerintah kab.banggai yang telah tepat waktu melaksanakan penyetoran maupun pelaporan perpajakan dan meningkatkan kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya.

Kami juga memberikan apresiasi kepada KPP pratama Luwuk yang telah menjadi mitra pemerintahan daerah dalam pemberian informasi dan konsultasi layanan perpajakan dan senantiasa bekerja sama dalam peningkatan penerimaan dari sektor pendapatan asli daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan undangan perpajakan yang berlaku. Tutur Wabup Banggai Drs.H.FURQANUDDIN MASULILI.

di akhir acara di tutup dengan pemberian penghargaan kepada :

1. Pemda Kab.banggai ( piagam penghargaan atas kerjasama selama tahun 2022 ).

2. Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang ( SKPD dengan kontribusi pajak tahun 2022 terbesar ).

3. Dinas koperasi , usaha kecil dan menengah ( SKPD dengan presentase tingkat kepatuhan SPT tahunan orang pribadi ASN tahun pajak 2021 tertinggi ).

4. Dinas pendidikan & kebudayaan ( SKPD dengan jumlah pelaporan SPT tahunan orang pribadi ASN tahun pajak 2021 terbanyak ).

5. Inspektur Inspektorat daerah kab.banggai ( pimpinan OPD atau camat yang menyampaikan laporan SPT tahunan orang pribadi ASN tahun pajak 2021 paling awal ).

Penulis ; Atenk ( Prokopim Setda Banggai )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre