Breaking News

PJ Bupati Kampar: 5K Layanan Prima Pendidikan Berkualitas Basis Dalam Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kampar


Bangkinang Kota, Figurnews.com- : Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang lebih dikenal dengan istilah SDG's sebagai akronim dari Sustainibility Development Goals menetapkan Pendidikan Berkualitas sebagai tujuan keempat. Pemerintah Pusat , Pemerintah Daerah, dan  Pemerintah Desa menjamin kualitas layanan pendidikan inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua pada 2030. 

Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan mulai menggiatkan week of action education for all (EFA) pada 2002.  Kampanye dan advokasi pemenuhan Hak Atas Pendidikan Untuk Semua mendorong Pemerintah Indonesia menunjukkan komitmen yang tinggi dalam  pemenuhan hak atas pendidikan  untuk semua. 

Kemdikbud melalui 5K layanan prima pendidikan, yakni ketersediaan,  keterjangkauan, kualitas/mutu dan relevansi, kesetaraan, dan kepastian/keterjaminan terus memperbaiki sistem pendidikan nasional. Perjuangan panjang mengawal Hak Atas Pendidikan  ini juga mengantarkan sahabat-sahabat KerLiP termasuk Yanti menjadi fasilitator nasional Satuan Pendidikan Ramah Anak (Fasnas SRA). 

Kehadiran Yanti Kerlip,  alumni Farmasi ITB 88 ini di Kabupaten Kampar tak terlepas dari posisinya sebagai Fasnas SRA. 

Tak mengherankan jika Yanti Kerlip mendorong sahabat lamanya,  Dr. H. Kamsol, M.M yang menjadi PJ Bupati Kampar  sejak 23 Mei 2022 memastikan 5 K layanan prima  SRA di Kabupaten Kampar melalui quick win Menuju SRA (Mesra) Beriman.  

Ada 4 langkah Mesra Beriman yang ditaja Bupati Kampar, yakni ikrar Mesra Beriman, penerbitan SK SRA, Seketariat Bersama (Sekber) SRA, dan memastikan SRA dalam Perda Kampar Layak Anak, Bimbingan Standarisasi SRA, serta 6 langkah Gembira menjadi Keluarga Peduli Pendidikan.  

PJ Bupati Kampar sudah menerbitkan SK yang menetapkan seluruh satuan pendidikan Kampar menuju SRA. Ikrar Mesra Beriman juga sudah dilaksanakan serentak pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kepala Bidang Perlindungan Anak (Kabid PA) bersama Forum Anak Kampar (Fakar) mengawal langsung langkah pertama ini di sekolah, madrasah, Paud, dan Pondok Pesantren.  

Kabid PA, Satiti Rahayu memfasilitasi pembentukan grup Whatsapp SRA untuk membina kepala sekolah dan  guru. Satiti juga mengikutsertakan 75 satuan pendidikan dalam Bimtek SRA daring yang dilaksanakan Perkumpulan pada akhir 2022. Bimtek Standarisasi SRA tahap pertama untuk 20 satuan pendidikan sudah dilaksanakan kabid PA pada  17 Januari 2023. 

Percepatan Desa Pendidikan

Sementara itu, dalam  penguatan kelembagaan KLA guna meraih 18 target SDG's Desa pada 2030, PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M mengukuhkan 87 Desa Pendidikan sebagai strategi sekaligus aksi menuju Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan dan Pendidikan (Derappp).  

PJ Bupati Kampar membentuk  dan memimpin Tim Pengarah dalam Tim Percepatan Desa Pendidikan Kampar. Tim ini melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Desa Pendidikan sebagai tindak lanjut pengukuhan dan saresehan Giat Desa Pendidikan Menuju Derappp berbasis wilayah. Rakor yang ketiga kalinya akan dilaksanakan di XIII Koto Kampar pada hari ini, Jumat, 20 Januari 2023. Sebanyak 39 Desa Pendidikan di Dapil Kampar I yang terdiri dari kecamatan XIII Koto Kampar, Koto Kampar Hulu, Salo, Kuok, Bangkinang, dan Bangkinang Kota tercatat sudah melaporkan sejumlah Anak Tidak Sekolah (ATS) sebagai prasyarat menjadi Desa Pendidikan.   

Rakor pertama di Aula Kecamatan Kampar Kiri Hulu dan kedua di Tapung, memberi kesempatan kepada camat yang hadir bergantian menyampaikan pemetaan ATS di wilayahnya dan mendapat penjelasan dari kepala OPD  serta menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Rimah Kerlip Beriman. Peserta rakor  ketiga  juga akan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (NKB) tentang penyelenggaraan Rumah Kerlip Beriman antara Koordinator Sigap Kerlip Indonesia (SKI) Kabupaten Kampar, Hot Martua Pasaribu bersama setiap Kepala Desa Pendidikan. Yanti Kerlip menandatangani NKB tersebut selaku Pembina SKI.  

Rumah Kerlip Beriman adalah salah satu quick win Bupati Kampar dalam upaya menuju KLA Utama pada 2023. Sebanyak 8 Kepala Desa Pendidikan.di Dalil II dan III, yakni Pancuran Gading, Sei Putih,  Kota Garo, Kasikan, Kota Bangun,  Sumber Sari, Mukti Sari, dan Air Terbit menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) pada Rakor Percepatan Desa Pendidikan yang dilaksanakan pada 13 Januari 2023 di aula kecamatan Palung. Sebelumnya atas inisiatif mandiri, Kepala Desa Koto Tuo menandatangani NKB yang sama. Yanti Kerlip bersama PJ.Bupati Kampar menandatangani sebagai saksi. PJ Bupati Kampar juga meresmikan Rumah Kerlip Beriman di Pustaka Desa pada kesempatan tersebut yang bertepatan dengan Hari Guru Sedunia, 5 Oktober 2023.  

"Ibu Yanti ini mengawal inisiatif Derappp Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan dan Pendidikan mulai dengan memastikan semua Anak Tidak Sekolah kembali menikmati Hak Atas Pendidikan. Pak Camat dan seluruh kepala desa yang hadir di Lipat Kain bertanggung jawab.untuk memastikan 5K layanan prima Pendidikan Berkualitas terutama  bagi ATS sebagai basis penghapusan Kemiskinan ekstrem di Kampar. Silakan berkolaborasi dengan Sigap Kerlip Indonesia yang dibina oleh ibu Yanti untuk memastikan Kampar bebas Anak Tidak Sekolah pada 2023, " ujar Dr. H. Kamsol, M.M memperkenalkan sahabatnya dalam sambutan penutupan turnamen Volley Ball DI kabupaten Lipat Kain di hadapan ribuan penonton yang memenuhi lapangan.

Pendidikan Berkualitas Yang Sebenarnya

Komitmen PJ Bupati Kampar dalam memastikan kualitas layanan pendidikan inklusif dan merata tidak beehenti melalui SMP Terbuka, Pendidiikann Inklusif, Mesra Beriman da Rumah Kerlip Beriman. Dr. H. Kamsol, M.M juga mendorong PLT Kadisdikpora Kampar, H. Aidil, SH,M.Si untuk meningkatkan pembelajaran matematika melalui metode Gasing bersama Prof Yohanes Surya dan Gerakan Nasional Tuntas Matematika (Gernas Tastaka) bersama Ahmad Rijali dan tim.  

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kampar menunjukkan komitmen yang tinggi dalam menjalankan seluruh arahan Bupati Kampar. "Kami menunjuk Kabid Dikdas, Pak Nandang Priyatna,S.Pd. M.Pd.  sebagai penanggung jawab Tim Percepatan Desa Pendidikan yang diketuai oleh ibu Yanti Kerlip dan membentuk Pokja Pendidikan inklusif serta memfasilitasi Tim SMP Terbuka GIP, Perintis Rumah Kerlip Beriman, dan peningkatan mutu pembelajaran Matematika.  Saat ini kami sudah menyiapkan SK Tim Percepatan, Perbup Wajib Belajar 12 Tahun, proposal pembelajaran Gasing serta mengajukan anggaran untuk penanganan ATS,  Tim Percepatan, Pendidiikan inklusif, PKBM Rumah Kerlip Beriman, dan SMP Terbuka GIP di Kampar kiri Hulu. Penuh harap Pak Bupati memperkuat inisiatif tersebut khususnya ke forum CSR, "ujar H. Aidil saat singgah makan makan bersama PJ Bupati Kampar dan rombongan di dekat jembatan Air Tiris.  

"PHR siap mendanai seluruh kegiatan Gernas Tastaka. Saya lihat banyak kabupaten/kota yang sudah menerapkan metode Gasing. Coba cari tahu metode pembiayaan di kota/kabupaten tersebut, "pungkas PJ Bupati Kampar. 

Ketua IA ITB Pengda Riau, Hj. Mimi Lutmila, S.Si, Kepala Disparbud Kampar, Ir. Zulia Dharma, Wakil Ketua DPRD Kampar, Repol, S.Ag, Yanti Kerlip, Staf Ahli, Zamzami,  Komisaris Utama PT KAS Firman Wahyudi hadir mendampingi PJ Bupati Kampar dalam penutupan turnamen Volley Ball di kelurahan Lipat Kain. (Adi Jondri)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre