Breaking News

PENGGABUNGAN NIK DAN NPWP MULAI BERLAKU

 


SAMARINDA, FIGURNEWS- 18 JANUARI 2023  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara ( Kanwil DJP Kaltimtara ) memberi penjelasan mengenai rencana penggabungan Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) dengan Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ). 

Wajib pajak diminta untuk bersiap mengenai wacana penggabungan NIK ke NPWP yang akan dicetuskan Pemerintah Pusat sejak 14 Juli 2022 tersebut. 

Kepala Kanwil DJP Kaltimtara, Max Darmawan menyampaikan, seluruh wajib pajak dihimbau untuk dapat melakukan validasi NIK di akun DJP online masing-masing hingga 31 Maret 2023. 

Adapun tujuan penyatuan NIK ke NPWP itu sendiri yaitu untuk memudahkan administrasi perpajakan, agar wajib pajak hanya perlu mengingat 16 digit NIK saja. 

NPWP dengan format 15 digit tetap bisa digunakan sampai 31 Desember 2023. Dapat digunakan di layanan administrasi perpajakan secara terbatas, salah satunya untuk dapat login ke aplikasi pajak.go.id  

Pihak Kanwil DJP Kalimtara sendiri juga terus mensosialisasikan wacana integrasi NIK dan NPWP kepada seluruh masyarakat. pihaknya juga tengah melakukan koordinasi kegiatan kerja sama dengan pemberi kerja dan instansi pemerintah terkait. 

"Mengenai informasi serta konsultasi terkait penggabungan NIK dan NPWP, wajib pajak dapat langsung menghungi layanan whaatapps Kanwil DJP Kaltimtara di nomor 081150500250" ujar Max Darmawan saat diwawancarai oleh Wartawan Figur News. (Edy Susanto.SH )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre