Breaking News

Pengendara Motor Tidak Menggunakan Helm SNI Bisa Terekam E-tle

Contoh Helm SNI (foto Fera wartawan Figurnews.com)


Palembang,Figurnews.com,-

Helm merupakan salah satu perisai wajib sebagai penunjang keamanan dan keselamatan ketika menggunakan kendaraan roda dua.

Jika terjadi kecelakaan Perisai atau helm berfungsi untuk melindungi kepala untuk mencegah benturan. 

Untuk itu,Penggunaan helm sesuai dengan ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) berdasarkan Undang-undang lalu lintas.

Ditambah lagi, pengendara jika tidak menggunakan helm maka sistem tilang elektronik (E-tle) sudah siap untuk merekam anda, dengan denda yang tidak sedikit "Tidak mengenakan helm : denda Rp 250 ribu atau kurungan maksimal satu bulan". Hal ini karena pentingnya fungsi helm untuk keselamatan jiwa pengendara.

Produksi helm tidak bisa dilakukan secara sembarangan, Maka di Indonesia, diatur dalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Sesuai UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan Pasal 291 ayat (1) dan (2). Pasal (1) UU tersebut.

Dengan demikian, untuk pemilihan helm Standarisasi pilihlah salah satu model helm yang direkomendasikan tidak sempit dan juga tidak longgar. Karena helm ini melindungi seluruh kepala beserta bagian lainnya mulai dari muka sampai dagu. 

Jangan lupa, dalam menentukan helm untuk memperhatikan Tali pengikatnya menggunakan Double D ring dan dilengkapi dengan kaca guna untuk melindungi muka dari debu atau bahkan benda asing pada saat berkendara.

Dalam pemilihan Kaca dianjurkan untuk menggunakan helm yang memiliki double visor jika pengendara ingin tetap terhindar dari sinar matahari dan bisa berkendara secara aman pada saat kondisi mulai gelap ataupun malam hari. 

Tidak dianjurkan kaca gelap ataupun pelangi walaupun pada siang hari berguna mencegah dari sinar matahari, akan tetapi tidak tepat ketika hari mulai gelap, malam hari atau saat hujan.

Selain itu, Pastikan busanya empuk dan bisa buka pasang agar mudah dibersihkan dan awet.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre