Breaking News

Dukung DOB Muba Timur, Ini Peryataan Anggota DPRD Provinsi SumSel


SUNGAI LILIN, Figurnews.com - Rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Muba Timur ternyata mendapat dukungan dari tokoh masyarakat.

Salah satunya anggota DPRD Provinsi Sumsel Ahmad Toha Spdi. Anggota DPRD Provinsi Sumsel yang juga tinggal di Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin mendukung rencana DOB Muba Timur.

"Secara pribadi kami sangat mendukung dengan rencana DOB tersebut, apalagi kami sebagai putra daerah yang tinggal disini," jelas Ahmad Toha 

Anggota Komisi 3 DPRD Provinsi Sumsel ini mengungkapkan dirinya secara pribadi memiliki tanggung jawab moral untuk membantu percepatan DOB.

"Rencana untuk DOB Ini merupakan suara hati masyarakat, jadi kami juga memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung," jelasnya.

Ahmad Toha yang sebelumnya komisi 1 DPRD Provinsi Sumsel mengungkapkan secara yuridis rencana DOB tersebut sah-sah saja, tidak perlu ditakuti.

"Karena tujuan pemekaran untuk memudahkan pelayanan publik membuka ruang kerja, percepatan pemerataan pembangunan," jelasnya.

Ketika di singgung perjuangan untuk pembentukan DOB, Ahmad Toha mengungkapkan saat ini tinggal menunggu persetujuan dari ketua DPRD dan Pimpinan Daerah.

"Kalau persetujuan tersebut sudah didapat baru dilanjutkan dengan kajian akedemisi, untuk provinsi Sumsel usulan yang masuk hanya Kikim Area," jelasnya lagi.

Ahmad Toha mengungkapkan salah satu hal yang terpenting untuk mewujudkan DOB tersebut adalah menyatukan perspektif di masyarakat.

"Memberikan pengertian jika tujuan pemekaran ini bukan untuk tujuan politik ataupun mencari keuntungan namun untuk kepentingan seluruh masyarakat," tutupnya.

Persiapan untuk pembentukan DOB Muba Timur sudah cukup matang.

Pertama presidium pemekaran Kabupaten Muba timur sudah terbentuk, bahkan kepengurusan nya sudah lengkap.

Logo Kabupaten Muba Timur sendiri berbentuk perisai berwarna hijau dengan lambang padi kapas melingkari kobaran api dan aliran air. Semboyan Kabupaten Muba Timur adalah 'Sebiduk Sehaluan'.

Langkah pengurus pun sudah cukup jauh, tercatat mereka pernah  menyampaikan berkas usulan kepada Ketua DPRD Kabupaten Musi Banyuasin sekitar tahun 2018 yang saat itu diketuai oleh Abusari Burhan.

Selain itu tercatat anggota presedium Muba Timur pernah melakukan demo dengan peserta cukup banyak.

Aksi tersebut berlangsung di ruas Jalintim Palembang - Jambi, bahkan melakukan aksi jalan kaki dari Desa Pinang Banjar menuju ke kantor Kecamatan Sungai Lilin.

Usulan pemekaran Kabupaten Muba Timur muncul dari aspirasi masyarakat di wilayah timur Kabupaten Musi Banyuasin dengan harapan bisa mempercepat pembangunan, menyerap pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja.(**)

Editor posting : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre