Breaking News

Bupati Hamsuardi Kunjungi RSI. YARSI Pastikan Pelayanan Berobat Gratis


Pasaman Barat, Figurnews.com

Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat Hamsuardi melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi dan Rumah Sakit Umum Daerah setempat untuk memastikan warga yang berobat tidak membayar lagi setelah diluncurkannya program berobat gratis awal tahun 2023.

"Kita ingin melihat langsung pelaksanaan berobat gratis itu yang telah dimulai sejak 1 Januari 2023," kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan dari hasil kunjungan itu ia mengatakan pengobatan gratis telah dimulai dan berjalan bagi warga Pasaman Barat. 

"Bagi yang telah memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) BPJS akan secara otomatis berobat gratis. Bagi yang belum memiliki kartu BPJS maka cukup dengan Kartu Tanda Penduduk saja," katanya. 

Menurutnya program pengobatan gratis itu telah dimulai sejak 1 Januari 2023 di seluruh pelayanan kesehatan yang ada mulai dari Puskesmas Pembantu (Pustu), Puskesmas, RSUD, RSI Ibnu Sina dan tempat pelayanan pengobatan lainnya. 

"Bagi warga yang belum memiliki BPJS diharapkan mengurus KTP untuk berrobat gratis," harapnya. 

Ia menyebutkan pengobatan gratis itu merupakan tindak lanjut diberlakukannya Universal Health Coverage (UHC) di seluruh Indonesia.

Anggaran pelayanan UHC itu, katanya, telah disediakan pada APBD Pasaman Barat 2023 sebanyak Rp 44 miliar lebih dan akan ditambah pada anggaran perubahan 2023 sebanyak Rp 13 miliar. 

"Program ini merupakan salah satu visi misi kami dan keseriusan Pemkab dalam memberikan pengobatan gratis bagi warga ber-KTP Pasaman Barat," katanya. 

Sementara itu Direktur RSI Ibnu Sina Simpang Empat Meri mengatakan pelaksanaan berobat gratis telah dimulai sejak dulunya jika tergabung kedalan BPJS.

Mulai 1 Januari 2023, katanya dengan adanya program dari Pemkab Pasaman Barat maka bagi yang belum memiliki kartu BPJS maka cukup dengan KTP Pasaman Barat. 

"Dalam dua hari ini berjalan dengan baik dan diharapkan bagi warga yang berobat jika belum memiliki kartu BPJS maka harus membawa KTP. Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak BPJS, " katanya.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre