Breaking News

193 Orang Calon Anggota PPS Ikuti Tes Tertulis


SUNGAI LILIN, MUBA, Figurnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA)  melaksanakan penjaringan tes tertulis Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) bertempat disekolah SMPN 1  Kecamatan Sungai Lilin, Senin (9/1/2023).

Dimana pelaksanaan tes tertulis ini dimulai  pukul 14.00 Wib  dengan donasi waktu 90 menit, dipantau langsung oleh Komisioner KPU Muba divisi hukum  penyelenggaraan  dan pengawasan Maryadi Anwar dengan didampingi staf pelaksanaan Rofi' I . 



Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 193 orang peserta yang berasal dari 29 desa dan 2 kelurahan di 2 Kecamatan yakni, Kecamatan  Sungai Lilin dan Babat Supat. Dan kemudian tampak juga  dihadiri oleh Ketua Bawaslu Muba, Kapolsek Sungai Lilin, Danramil 401-01 / Sungai Lilin serta PPK di 2 Kecamatan.

Menurut Ketua KPU Muba melalui komisioner divisi hukum  penyelenggaraan  dan pengawasan Maryadi Anwar saat diwawancarai Figurnews.com menjelaskan , pelaksanaan tes ini berdasarkan undang-undang nomor 7  tahun 2017 tentang pemilu. 


Dirinya juga menjelaskan bahwa, kegiatan  ini salah satu poin menentukan indrok untuk membantu KPU dalam hal ini pengangkatan PPS.

"Tentunya kegiatan ini sudah di bagi per- Kecamatan ada zona zonanya yakni, zona 1,2,3 dan 4. Ini termasuk Zona 3 isinya ialah Kecamatan Babat Supat dan Sungai Lilin," jelasnya.

Kemudian lanjut Maryadi, untuk PPS perdesa 3 orang dan  kriteria lolos menjadi anggota PPS sendiri yang pertama Pengetahuan tentang kepemiluan dan kedua  pengetahuan masalah umum  atau daerah sekitar.Selain itu juga,akan dilakukan tes Wawancara,untuk hasil tes tertulis akan di umumkan pada tanggal 13 Januari 2023 dan selanjutnya untuk tes wawancara sendiri akan laksanakan pada tanggal 17 Januari 2023 mendatang. 

" Alhamdulillah, peserta hadir tepat waktu sehingga tes dapat berjalan lancar, semoga dengan terpilihnya anggota PPS di Kecamatan Sungai Lilin dan Babat Supat nantinya,  diharapkan para anggota dapat memberikan yang terbaik demi suksesnya penyelenggaraan pemilu dan pilkada 2024 mendatang. Harapannya, dengan adanya tes ini melahirkan PPS yang demokrasi, berintegritas, mandiri dan berkualitas,”pungkasnya

Sementara itu di tempat terpisah, ketua Panwaslu Muba  Husni Mubarok yang juga hadir dalam tes tertulis saat di wawancarai mengatakan bahwa , Dirinya hadir dalam rangka memantu pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS  yang di gelar oleh komisioner KPU Muba.

" Dengan adanya kegiatan ini,  tentunya  saya berharap bisa menghasilkan petugas PPS yang profesional, memegang teguh netralitas dan dapat memiliki tanggung jawab yang tinggi serta menciptakan pemilihan yang jurdil ," tutupnya.(Dr)

Editor posting : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre