Breaking News

15.850 ORANG CALON PPS DI RIAU AKAN IKUTI UJIAN TULIS


Riau, Figurnews.com- Sebanyak 15.850 orang calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 12 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau akan mengikuti ujian tes tertulis pada 9 s.d. 14 Januari 2023. Demikian disampaikan Ketua Divisi SDM KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto dalam keterangannya, Minggu (8/1/2023).

Nugroho menjelaskan bahwa tahapan tes tertulis dilaksanakan setelah KPU Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau menetapkan dan mengumumkan hasil seleksi administrasi calon PPS tanggal 6-8 Januari 2023 yang lalu. Metode yang digunakan pada saat pelaksanaan tes dengan sistim Computer Assistant Test (CAT).

Metode tersebut mengacu kepada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 534 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

“Seleksi tertulis dilaksanakan dengan metode CAT (computer based) memanfaatkan teknologi informasi kecuali pada wilayah yang memiliki keterbatasan sarana dan prasarana, keterbatasan akses, wilayah yang berkarakter khusus, dan/atau wilayah yang mengalami bencana, maka seleksi tertulis dapat dilakukan dengan metode manual berupa ujian berbasis kertas (paper based),” jelas Nugroho.

Nugroho menginformasikan bahwa dari 12 KPU kabupaten/kota se-Provinsi Riau yang melaksanakan tes tertulis, diperoleh data bahwa 11 daerah menggunakan ujian tulis dengan CAT, dan satu daerah Kabupaten Indragiri Hulu menggunakan dua metode yakni CAT dan manual/menggunakan kertas. Kecamatan yang ujian menggunakan kertas adalah Batang Gangsal, Batang Peranap, dan Rakit Kulim. Kecamatan lain menggunakan ujian berbasis komputer.

Nugroho menyampaikan materi yang akan diujikan kepada peserta calon PPS mencakup pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar, dan pengetahuan kepemiluan. 

Sementara Kepala Bagian Hukum dan SDM KPU Riau Ricky Kurniawan menjelaskan tentang jadwal pelaksanaan ujian tertulis secara manual/konvensional pada tahapan tanpa perpanjangan pendaftaran ujian tulis dilaksanakan pada 6-11 januari 2023. Bagi daerah yang melakukan perpanjangan pendaftaran pertama ujian tertulis dilaksanakan pada tanggal 9-14 Januari 2023. Sedangkan bagi daerah yang melakukan perpanjangan pendaftaran kedua ujian tertulis dilaksanakan pada tanggal 10-14 Januari 2023.

“Untuk Provinsi Riau 11 daerah akan melaksanakan ujian tertulis seleksi PPS pada tanggal 9 s.d 14 Januari 2023 yaitu Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Pelalawan, Kota Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Dumai, Kepulauan Meranti, dan Siak. Sedangkan Kabupaten Bengkalis yang melakukan perpanjangan pendaftaran kedua akan melaksanakan ujian tertulis pada tanggal 10 s.d 14 Januari 2023,” ungkap Ricky.

Terkait  soal ujian tertulis berbasis teknologi informasi, Ricky menjelaskan bahwa Admin Siakba KPU Riau menunggu soal dari KPU RI pada tanggal 9 Januari 2022 untuk 11 Kabupaten/Kota dan tanggal 10 Januari 2023 untuk Kabupaten Bengkalis.  Sedangkan untuk soal ujian tertulis manual pada 3 kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu, telah diserahkan admin Siakba KPU Riau kepada Admin Siakba KPU Kabupaten Indragiri Hulu pada tanggal 8 Januari 2023. Sesuai ketentuan, soal ujian tertulis manual diserahkan ke KPU Kabupaten/Kota pada H-1 pelaksanaan ujian tulis. Admin, mitra penggandaan soal dipastikan meneken Pakta Integritas untuk menjaga kerahasiaan. Selain itu, KPU Provinsi mengawasi melekat proses pelaksanaan ujian tulis calon anggota PPS, baik manual maupun CAT (Adi Jondri)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre