Breaking News

Tahun 2022, Kantor SAR Mentawai Catat 19 Kali Operasi SAR

Foto: Kantor SAR Kepulauan Mentawai, Jl Raya Km-09, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara. Kamis, (29/12/2022).

MENTAWAI. FN- Sepanjang tahun 2022, Kantor Search And Rescue (SAR) Kepulauan Mentawai mencatat 19 kali operasi SAR di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mentawai, Akmal menyebutkan, operasi SAR atau kejadian tahun 2022 sama dengan tahun 2021 lalu sebanyak 19 kali. 

Ia menjelaskan dari 19 laporan, Kantor SAR Mentawai mencatat 76 korban selamat, 3 korban meninggal dunia dan 2 korban hilang dengan jumlah korban 81 orang. 

"Operasi SAR hingga hari ini atau tahun 2022 berjumlah 19 kali, 12 kali kecelakaan kapal dan 7 kali kecelakaan membahayakan manusia," sebut Kakansar. Kamis, (29/12/2022). 

Tiga Korban meninggal dunia itu terjadi dengan rincian pertama di Pelabuhan Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara dan kedua di Pantai Mapaddegat, Kecamatan Sipora Utara. Selanjutnya ketiga di Pantai Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara. 

Kemudian dua Korban hilang terjadi pertama di sungai Malancan, Kecamatan Siberut Utara dan kedua di Perairan Betumonga, Kecamatan Pagai Utara. 

"Operasi SAR sampai hari ini atau tahun 2022 sama dengan jumlah tahun 2021 lalu, sebanyak 19 kali," terang Akmal. 

Namun kecelakaan kapal pada tahun 2019 berjumlah 17 kejadian. Sedangkan kecelakaan membahayakan manusia berjumlah 2 kejadian. 

Dikatakan Kakansar tahun 2022 ini angka kecelakaan kapal menurun. "Alhamdulillah dari himbauan Kantor SAR, kantor unit penyelenggara pelabuhan, BMKG, TNI-Polri bahwa apabila cuaca kurang bagus agar tidak melaut," imbuhnya. 

Akmal mengatakan dari 4 pulau besar di Mentawai yaitu pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan tinggi angka kecelakan laut terdapat di perairan Pulau Sipora.

Hal itu disebabkan Pulau Sipora berada di pertengahan pulau lain atau sebagai pusat lalu lintas kapal di Kepulauan Mentawai. 

"Disini pusat kota, banyak nelayan yang melaut, sering terjadi kecelakaan kapal karena mati mesin, kemudian kondisi membahayakan manusia karena banyaknya tempat rekreasi dengan cara mandi laut," papar Akmal. 

Tahun 2022 ini, Kantor SAR Mentawai mendirikan satu unit pos siaga SAR di Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara. Kakansar bakal mengirim personil untuk bertugas awal tahun 2023 mendatang. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre