Breaking News

Sekaitan Press Tour PT Semen Padang, Para Peserta Sangat Puas dan Apresiasi Semen Padang


Padang(Sumbar), FIGURNEWS.COM --

Sebagai kemitraan Semen Padang dengan Media(cetak, elektronik dan syber) dengan 5 Provinsi, Sumbar, Riau, Kep. Riau, Jambi dan Bengkulu mengadakan Press Tour PT Semen Padang. Kamis 8 Desember 2022.

Agenda ini bertujuan untuk memperkenalkan sejarah berdirinya PT Semen Padang kepada kalangan insan pers. Bukan saja, media yang tergabung sebagai mitra strategis dalam upaya menyebarkan informasi tentang sejarah berdiri hingga pengenalan proses pengolahan termasuk uji labor untuk menjaga mutu hingga dipasarkan.


Para insan pers dikamandoi oleh Anita Bidang Humas dan Publikasi bersama jajaran mengajak untuk meninjau pabrik Indarung I yang berdiri tahu 1910 yang sekarang tidak memproduksi lagi.


Setiba di lokasi, Anita bersama Deni Zen membawa rombongan Indarung I untuk melihat langsung dari dekat dan menjelaskan berbagai hal sekaitan pengolahan semen era tahun 1910an.

"Sejak tahun 2015 Indarung tidak digunakan lagi untuk memproduksi semen,"terang Anita pada peserta Prees Tour PT Semen Padang'.

Deni Zen bersama Anita menjelaskan, "mulai penyediaan bahan baku berupa tanah klay, batu kapur dan juga bahan dari luar Sumbar seperti, pasir besi dan gipsum."

"Ini bangunan pabrik Indarung pertama, dan seiring waktu menambah bangunan baru berupa Indarung VII," papar Deni Zen 


Dalam kesempatan itu, Anita juga menerangkan mesin produksi, mulai tempat pengadukan/ blender dan terus dibakar dengan suhu mencapai 1500 s/d 1900 C dan setelah itu berbentuk Klin( klinker). Setelah itu, baru dimasukan kedalam penggilingan  hingga halus dan baru dikemas.

"Setelah diaduk, baru dibakar hingga suhu 1500 s/d 1900 C dengan batu bara dan setelah baru digiling halus. Namun ada juga dijual bentuk klenker kepada konsumen,"beber Anita.


Ada juga beberapa awak media juga mengajukan pertanyaan Bu Anita sekaitan kegunaan fungsi dari mesin yang telah uzur tersebut.

Namun, semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab dan membuat para peserta sangat puas. 

Setelah puas melihat bangun pabrik yang berdiri sejak tahun 1910, para perserta dibawa kelokasi Labor pengujian mutu semen mulai dari awal hingga akhir dan nantinya produk tersebut dipasarkan.

Mulai uji labor Fisika mau pun Kimia untuk meneliti sampel yang akan diuji. Setelah selesai uji labor, baru diproduksi dan selesai itu baru dipasarkan.

Dalam hal ini, para peserta merasa puas atas keterangan serta pelayanan pihak manajemen. 

Dan setelah peserta pun melanjut perjalan ke Kabupaten Limapuluh Kota, namun sebelum melanjutkan para perserta disuguhi makan siang di RM Lamun Ombak. Setelah istirahat sebentar, peserta melanjutkan perjalanan, tapi di Padang Panjang singgah menikmati Sate Mak Syukur.

Dari para peserta sangat bahagia dan merasa sangat puas atas pelayan diberikan oleh semen Padang. 

Tempat pukul 20.30 Wib akhirnya sampai tempat beristirahat setelah melaku perjalan yang cukup melelah, namun mereka terhibur dengan suguhan dari pihak manajemen Semen Padang. Y


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre