Breaking News

Sejumlah Rumah, Kafe hingga Badan Jalan di Mapaddegat Terendam Air Laut

Foto: Kondisi Rumah dan Kafe terendam air laut di Mapaddegat. Jumat, (23/12/2022) pukul 21.00 Wib.

MENTAWAI. FN- Dampak abrasi dan tertutupnya muara sungai mengakibatkan kafe dan rumah warga Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Mentawai terendam air laut. 

Safrizal (48) Nelayan menyampaikan peristiwa air laut naik ke rumahnya bukan pertama kali terjadi. 

Ia menyebutkan peristiwa air laut naik terjadi hampir setiap tahun antara bulan Juli dan Desember. 

"Setiap tahun sudah sering terjadi, hal itu terjadi karena tidak adanya muara sungai yang permanen, dan adanya aktifitas penambangan pasir ilegal," ujarnya. Jumat, (23/12/2022) pukul 21.00 Wib. 

Dikatakan pasang air laut naik saat ini adalah yang terparah. Naiknya air laut ke halaman rumahnya mencapai lutut orang Dewasa. 

Genangan air sungai muara ditambah dengan kumpulan air laut membuat jumlah air semakin tinggi, akibatnya air meluap. 

Terdapat 6 rumah sekaligus kafe Warga Mapaddegat di area Pantai terdampak air laut naik tersebut. "Pasang naik tadi mulai pukul 17.30 Wib, kemungkinan pasang turun pukul 11 malam ini," terang Safrizal. 

Ia berharap adanya perhatian pemerintah daerah dalam penanggulangan peristiwa ini. Salah satunya membuat muara sungai permanen. 

Apabila air sungai meluap, Warga Mapadegat bergotong royong membuka muara sungai. Namun disisi lain, belum ada solusi dalam penanggulangan peristiwa tersebut. 

Selain itu, dampak abrasi juga mempengaruhi rumah sekaligus kafe di area pinggir kawasan Homestay Mapaddegat. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre