Breaking News

Polres Pasaman Barat Lakukan Pengamanan Pemugutan Suara Pemilihan Wali Nagari


Pasaman Barat,Figurnews.com--Hari ini menjadi hari yang menentukan bagi 3 Nagari di Kabupaten Pasaman Barat dalam menentukan calon pemimpin yang dianggap mampu menjalankan roda Pemerintahan tingkat Nagari, untuk itu personel Polres Pasaman Barat melakukan pengamanan pemungutan suara dalam pemilihan Wali Nagari, Sabtu (24/12/2022).

Pada hari ini dilakukan pemungutan suara dalam pemilihan Wali Nagari serentak yang akan berlangsung di 65 TPS yang tersebar di 3 Kecamatan yakni di Kecamatan Kinali, Kecamatan Talamau, serta di Kecamatan Luhak Nan Duo.

Dalam Pemilihan Wali Nagari di Kabupaten Pasaman Barat, Nagari Katiagan mendirikan 11 TPS yang berada di Jorong Katiagan dan Mandiangin, Kecamatan Kinali, di Nagari Sinuruik mendirikan 26 TPS yang tersebar di 7 Kejorongan yang ada di Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, sedangkan di Nagari Kapa mendirikan 28 TPS yang tersebar di 6 Kejorongan yang ada di Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo. 

Selaku garda terdepan dalam pengamanan, Polres Pasaman Barat berupaya sebaik mungkin untuk mendukung kondusifitas kamtibmas dalam tahapan pemungutan suara melalui agenda pengamanan TPS.

Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.H mengatakan, agenda pengamanan diawali dengan apel gelar pasukan yang dilakukan pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2022 kemaren, pergeseran pasukan menuju 3 Kecamatan dalam rangka agenda pengamanan di 65 TPS.

Dijelaskan olehnya, dalam pengamanan pemungutan suara di TPS, Polres Pasaman Barat menerjunkan 170 personel yang terdiri dari 74 personel dimasing-masing TPS yang ada di Kabupaten Pasaman Barat serta 96 personel lainnya yang standbye di Polres guna memberi jaminan rasa aman bagi masyarakat dalam pemilihan Wali Nagari tahun 2022.

"Selain 170 personel dari Polres Pasaman Barat juga di bantu dari unsur TNI Kodim 0305/Pasaman dan personel Sat Pol PP Kabupaten Pasaman Barat untuk mengamankan pesta Demokrasi pemilihan Wali Nagari,” ungkap Kapolres.

Sebelum pemungutan suara, Personel Polres Pasaman Barat turut mengawal kotak suara dari tingkat Kabupaten menuju TPS untuk menjaga keutuhan dan mengantisipasi gangguan kamtibmas dalam pendistribusian surat suara. 

"Pengamanan dan pengawalan yang telah kami lakukan semata-mata untuk mendukung kondusifitas sehingga pemungutan suara Pilwana berjalan aman, damai, sehat dan bermartabat," ungkap Kapolres Pasaman Barat.

Dikatakan AKBP M. Aries, semua Kecamatan yang melangsungkan Pilwana di Kabupaten Pasaman Barat mempunyai potensi kerawanan saat pelaksanaan pemungutan suara Pilwana serentak.

Dalam pelaksaan Pilwana, Kapolres Pasaman Barat berpesan untuk selalu mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing personel dalam mewujudkan Pilwana yang aman dan damai.

"Pahami tugas dan tanggung jawab rekan-rekan sebagai petugas pengamanan di lokasi masing-masing, sehingga pengamanan dapat berjalan baik, aman dan lancar,” pesan Kapolres.

Disampaikan Kapolres, personel pengamanan harus menjaga sikap tampang dan tingkah laku di lokasi pengamanan, tunjukkan Polisi siap mengamankan kegiatan, jangan sampai terjadi pelanggaran saat melaksanakan tugas.

"Fungsi dari rekan-rekan adalah membantu dan menjaga keamanan kegiatan Pilwana agar dapat berjalan lancar, oleh sebab itu diperlukan komitmen bersama untuk melaksanakannya” ucapnya.

Kapolres berharap semoga tugas yang dilaksanakan dapat menjadi ladang ibadah bagi semua.

"Kiranya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita dalam setiap pelaksanaan tugas khususnya dalam mengamankan Pilwana serentak di Kabupaten Pasaman Barat," tutupnya. 

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre