Breaking News

PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA TAHUN 2022

 


Banggai, Figurnews.com- Asisten I Administrasi PEMERINTAHAN & KESRA Setda Banggai Hj.NURJALAL.SH Wakili Bupati Banggai Menghadiri Acara PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA TAHUN 2022 , bertempat di SMK NEGERI I LUWUK , Rabu 7 Desember 2022

Asisten I Hj.NURJALAL.SH dalam membacakan sambutan Bupati Banggai mengatakan melalui kesempatan yang baik ini , saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada komite penanggulangan AIDS ( KPA ) kabupaten Banggai , panitia dan pihak pihak terkait yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik.

hari AIDS sedunia ( HAS ) pertama kali di peringati pada 1 Desember 1988 . Sejak saat itu , tanggal 1 Desember , di peringati sebagai hari AIDS sedunia . Pada peringatan hari AIDS sedunia , orang orang di seluruh dunia menunjukkan dukungan bagi mereka yang hidup dengan HIV , juga untuk mengingatkan mereka yang kehilangan nyawa karena AIDS.

Peringatan hari AIDS sedunia di Indonesia di maksudkan untuk meningkatkan pengetahuan , kesadaran , dan kemandirian masyarakat , khususnya perempuan dan remaja , dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS melalui penggerakan sumber daya melibatkan semua sektor terkait.

hari AIDS sedunia merupakan kegiatan yang bersifat non politis yang mengajak semua orang untuk terlibat dalam pemahaman problematika HIV & AIDS . peringatan hari AIDS sedunia tahun 2022 ini mengusung tema " SATUKAN LANGKAH CEGAH HIV , SEMUA SETARA AKHIRI AIDS " dan tema lokal " AKU TAU AKU CEGAH " Merupakan perpaduan tema nasional dan kearifan lokal di kabupaten Banggai.

Oleh karena itu , mari jaga dan terus lakukan sinergitas penggiat HIV & AIDS dari berbagai komponen OPD , anggota komisi penanggulangan AIDS , LSM , AKADEMIS , RELAWAN , TOKOH AGAMA , TOKOH Masing masing dalam penanggulangan HIV & AIDS menuju kabupaten Banggai ( 3 zero ) three zero ( zero new HIV Infection , zero AIDS related death , and zero discrimination ) tahun 2030.

Indonesia bersama negara negara lain di seluruh dunia berupaya mencapai ending AIDS pada tahun 2030 . Upaya pengendalian di lakukan dengan menerapkan strategi promosi kesehatan , pencegahan , penemuan kasus , dan penanganan kasus , di dukung berjalannya transformasi kesehatan , termasuk penguatan layanan primer , pencapaian cakupan kesehatan semesta , dan pelibatan masyarakat / komunitas.

Semakin banyak masyarakat yang mengetahui status HIV dan mendapatkan pengobatan ARV dini maka dapat mendorong percepatan tercapainya penurunan epidemi HIV sehingga Indonesia dapat mencapai 3 zero yaitu yang pertama adalah tidak ada infeksi baru HIV , yang kedua tidak ada kematian akibat AIDS dan yang ketiga adalah tidak ada stigma dan diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV pada 2030.

Pada hari AIDS sedunia ( HAS ) dengan tema " SATUKAN LANGKAH CEGAH HIV , SEMUA SETARA AKHIRI AIDS " atau " AKU TAU AKU CEGAH " dapat di jadikan momentum untuk melaksanakan edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang HIV & AIDS , juga sebagai bentuk kepedulian serta bentuk empati masyarakat terhadap orang yang telah terinfeksi HIV.

itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini , semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini dapat banyak membantu meningkatkan penggerakan sumber daya dalam mengakhiri AIDS di Indonesia dan lebih khusus di kabupaten Banggai yang sama sama kita cintai ini. Tutur Mantan Kadis Pendidikan & Kebudayaan Kab.banggai Hj.NURJALAL.SH.

Turut hadir Kapolres Banggai ( Wakili ) , ketua TP PKK Kab.banggai ( wakili ) , ketua komisi penanggulangan AIDS Kab.Banggai , kepala SMK Negeri 1 Luwuk , jajaran dewan guru dan tenaga pendidikan SMK negeri I Luwuk , dan hadirin tamu undangan , siswa / siswi yang sempat hadir.

Penulis ; atenk

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre