Breaking News

Pemerintah Nagari Durian Tinggi Laksanakan Pelatihan Posyantek Bagi Pengurus

 


Pasaman(Sumbar) figurnews.com

Seluruh Pengurus Posyantek Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman mengikuti pelatihan pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek) di aula Kantor Wali Nagari Durian Tinggi, Selasa (20/12/2022).

Acara Posyantek itu dibuka langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman diwakili Oleh Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Yossi Alvani,ST yang didampingi oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Lubuk Sikaping, Daniel, Kepala BLK Lubuk Sikaping Haryadi,S.AP,, Wali Nagari Hendra Gunawan, Ketua Bamus Arsali Susandi, Ketua LPM Nagari Irwan Ramadani dan Pendamping Desa Kecamatan Lubuk Sikaping Darman.

Ekie Noprismond selaku Ketua Pelaksana daam laporan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi dengan UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa,Permendesa PDTT no 23 Tahun 2017 Pemanfaatan TTG dalam pengelolaan sumberdaya alam Desa,Permendes PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa,Permendes PDTT No 7 Tahun 2021 Tentang prioritas Penggunaan DD Tahun 2022,Peraturan Menteri Keuangan no 190/PMK.7/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Pelaksanaan ini dilaksanakan oleh Seksi Pelayanan dengan dilaksanakan selama 2 (Dua) hari dari tanggal 20-21 Desember 2022, dengan peserta sebanyak 10 (Sepuluh) orang dengan nara sumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, BLK Lubuk Sikaping, Tenaga Ahli dan Pendamping Desa,ungkap ekie.

Hendra Gunawan saat menyampaikan arahannya berharap kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. sebab Posyantek merupakan lembaga kemasyarakatan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).

"Posyantek ini merupakan salah satu faktor pendorong perubahan baik perubahan di bidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat," tutup wali.

Daniel yang mewakili Ibu Camat Lubuk Sikaping sangat aprisiasi terhadap pelaksanaan acara ini, pihak Kecamatan akan mendorong penuh kegiatan yang seperti ini, mudah-mudahan pada kegiatan ini berlanjut pada tahun berikutnya.

Yossi Alvani dalam sambutannya menjelaskan melalui Posyantek salah satu wadah pemberian keterampilan dan kapasitas pengurus Posyantek yang terorganisir dalam Pengurus Posyantek Nagari Durian Tinggi.

"Pengurus Posyantek Nagari Durian Tinggi merupakan salah satu gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya Posyantek Nagari Durian Tinggi yang sejahtera beriman dan bertaqwa pada Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa," jelasnya.

Dia menambahkan, melalui pelatihan Posyantek, diharapkan dapat meningkat kan kapasitas keterampilan,pemahaman peran mendasar dalam pemberdayaan masyarakat melalui teknologi tepat guna (TTG) dan berharap Nagari Durian Tinggi bisa mewakili Kabupaten Pasaman dalam perlombaan TTG tingkat Provinsi pada Tahun 2023 mendatang, tutup Yossi.(Tim)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre