Breaking News

Pemdes Tuapeijat Monitor Kegiatan Posyandu

Foto: Kegiatan Posyandu di Mapaddegat

MENTAWAI. FN- Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Tuapeijat monitoring dan supervisi kegiatan Posyandu. 

Posyandu (pos pelayanan terpadu) keluarga sebagai program unggulan pemerintah pusat mendukung dan menunjang Program Nasional. 

Kepala Desa Tuapeijat, Pusuibiat T Oinan melalui Sekretaris, Nobel menyebutkan terdapat 6 Posyandu di Wilayah Desa Tuapeijat. Masing-masing Pos terdiri dari 5 Kader dengan jumlah 30 orang. 

"Peran Posyandu sangatlah penting di masyarakat, tidak hanya untuk memantau tumbuh kembang bayi dan balita tetapi juga program posyandu diperuntukan untuk ibu hamil, ibu menyusui dan lansia," ujarnya usai kegiatan. Sabtu, (10/12/2022). 

Ia menambahkan, tujuan utama dari Posyandu dalam mencegah peningkatan kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. 

Selain itu juga fungsi posyandu untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan para Kader Posyandu di Desa Tuapeijat, kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Kegiatan posyandu di wilayah desa Tuapeijat dilaksanakan 2 kali selama sebulan. Posyandu Ibu hamil dan balita pada tanggal 10 dan Posyandu Lansia pada tanggal 20. 

Ia berharap Masyarakat berpartispasi aktif mengujungi dan mengikuti kegiatan tersebut sehingga melahirkan generasi cerdas dan sehat. 

Sebagai bentuk perhatian Pemdes lanjutnya kepada kader posyandu, maka pada bulan desember ini, Pemdes Tuapeijat menyerahkan alat penunjang kerja kader posyandu berupa timbangan bayi, alat pengukur tinggi bayi, alat pendeteksi tekanan darah serta kebutuhan  pemenuhan gizi bagi balita yang terdampak gizi buruk dan stunting. 

Posyandu yang di monitoring yaitu Posyandu ananda, Posyandu harapan bersama, Posyandu ogo'simasingin dan Posyandu pubolakat. 

Sementara itu untuk Posyandu Berkat dan Posyandu Rindu diagendakan monggu depan. 

Kegiatan tersebut juga diikuti Ketua Karang Taruna Tuapeijat, Adrian.

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre