Breaking News

Pemda Mentawai Pantau Stabilitas Harga Sembako

foto: Plt. Sekda Mentawai, Rinaldi bersama Sekretis Koperindag Mentawai, Dominikus Saleleubaja saat melaksanakan Sidak di Warung area Sioban. Kamis, (02/12/2022).

MENTAWAI. FN- Untuk menjaga stabilitas harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako), Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai melaksanakan Sidak. 

Inspeksi Mendadak (Sidak) di beberapa Warung diarea tersebut digelar menjelang Natal dan Tahun Baru 2023. Sidak disejumlah warung itu dipimpin langsung Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Mentawai, Rinaldi. 

Turut hadir pada kesempatan itu, Anggota DPRD Mentawai, Ibrani Sababalat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai, Hatisama Hura, Sekretaris Koprindag Mentawai, Dominikus Saleleubaja, Camat Sipora Selatan ataupun unsur Muspicam setempat. 

Selain itu, Pemda melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Mentawai menggelar Pasar Murah. 

Plt. Sekda Mentawai, Rinaldi mengatakan, Program Pasar Murah merupakan Program Nasional dari Pemerintah Pusat bagi setiap Daerah di Indonesia. 

"Ini adalah program nasional yang meminta kepada seluruh kepala daerah untuk melaksanakan program nyata," ujarnya usai melaksanakan Sidak di Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan. Kamis, (02/12/2022). 

Ia menambahkan program nyata itu terkait penanganan dampak Inflasi tahun 2022.

Selanjutnya, operasi pasar murah dan sidak harga juga berlanjut di beberapa tempat seperti, Tuapeijat, Muara Siberut, Sikabaluan dan Sikakap. 

"Selain kita melakukan operasi pasar murah kita juga melakukan sidak harga, dan ini adalah program yang selalu ada disetiap tahun," terang Rinaldi. 

Melalui itu lanjutnya pendistribusian bahan pangan difasilitasi Badan Pangan Nasional atau Bapanas. Hal itu dilakukan agat terwujudnya bahan pangan satu harga di Mentawai. 

Sebelumnya dikutip dari langgam.id, pada 21 Oktober 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Bapanas mendistribusikan sebanyak 10 ton bahan pangan ke Mentawai. 

Bahan pangan yang dikirim, diantaranya beras, gula, dan minyak goreng. Namun keterangan bahan pangan tidak dijelaskan secara rinci. 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi berupaya kolaborasi bersama Bapanas tersebut dapat berlanjut hingga tahun 2023 mendatang. 

Gubernur juga mengintruksikan kepada dinas pangan agar ikut mengirimkan bahan pangan serupa ke Kepulauan Mentawai melalui toko tani dengan membeli dari petani dan dibantu Bapanas untuk pengiriman ke Mentawai. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre