Breaking News

Museum Avro Anson RI 003 Titik Pusat Etape IV Tour de PDRI 2022

 


Agam, Figurnews.com - Napak Tilas Sejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia Tahun 1949 yang dikemas Pemprov Sumatera Barat yaitu Tour de PDRI adalah upaya membangkitkan  semangat, nilai-nilai sejarah perjuangan, patriotisme dan nasionalisme di Sumatera Barat. Tour de PDRI mengingatkan kembali bagi generasi Urang Awak bahwa Sumatera Barat mempunyai peranan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dalam rangkaian mengisi Hari Bela Negara, Tour de PDRI Tahun 2022 resmi dimulai di Kabupaten Solok Selatan Rabu (14/12/2022). Etape ke-II di Kabupaten Dharmasraya (15/12), setelah itu Etape ke-III di Kabupaten Sijunjung (16/12) dan Sabtu (17/12) Etape Ke-IV Kabupaten Agam kegiatan Tour de PDRI 2022 dan selanjutnya akan ditutup di Kabupaten 50 Kota, Minggu (18/12).

Pada Etape ke-4 di Kabupaten Agam, Museum Avro Anson RI 003 menjadi titik pusat kegiatan Tour de PDRI 2022. Museum Avro Anson RI 003 merupakan bukti sejarah kepemilikan pesawat terbang multifungsi, keluaran Inggris, dibeli awal bulan Desember 1947. Pembelian Avro Anson adalah pesawat terbang ketiga yang dimiliki Pemerintah Republik Indonesia, diberi nomor register RI003, hasil sumbangan masyarakat sebanyak 14 kilogram emas yang dikumpulkan Panitia Pusat Pengumpulan Emas yang dibentuk Mohammad Hatta, 27 September 1947 di Bukittinggi, pembelian pesawat terbang tersebut dalam rangka perlawanan terhadap Agresi Militer Belanda (red. Wikipedia).

Seluruh peserta Etape ke-IV Tour de PDRI 2022 di Agam terdiri dari 50 komunitas sepeda dari berbagai elemen masyarakat Sumbar. Salah satu komunitas sepeda yang menarik perhatian pengunjung adalah Komunitas Sepeda Tua Indonesia bersama tema yang digagas untuk Tour de PDRI 2022, yaitu "Mengayuh Kenangan Sejarah Perjuangan PDRI Dalam Membela Negara". 

Puluhan sepeda 'Ontel Tua' dilengkapi 'Onderdil Lawas' membuat sepeda tua menjadi barang antik yang tidak semua orang bisa memilikinya, membuat decak kagum para pengunjung yang hadir di Museum Avro Anson.

Semangat Bela Negara Tour de PDRI 2022 semakin bertambah disaat dentuman dan atraksi Parade Marching Band menyambut kedatangan rombongan Komunitas Gowes, Tamu Undangan maupun masyarakat pengunjung yang hadir.

Sajian tari Pasambahan dan tari Gelombang, tarian khas budaya Minangkabau sebagai bentuk penghormatan kepada tamu undangan, semakin menambah kemeriahan Tour de PDRI di Agam tersebut. Jelas bisa dilihat Tour de PDRI fokus Pemprov Sumbar menyelaraskan Sejarah dan Pariwisata menjadi paduan yang tepat menyambut Visit Beautifull West Sumatera Tahun 2023

Pemerintahan Kabupaten Agam selaku tuan rumah Etape ke-IV Tour de PDRI 2022 menyambut baik dan mendukung seluruh agenda kegiatan Tour de PDRI. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Satria, sangat berterima kasih karena sudah diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan mengisi Hari Bela Negara, Tour de PDRI tahun ini. Pesona Agam yang Beragam diharapkan nantinya mempunyai peran yang kuat mencapai sasaran Visit Beautifull West Sumatera 2023 karena sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Agam, Dr. Andri Warman, menjadikan Agam maju yang berkelanjutan. 

Semangat Bela Negara melalui penyelenggaraan Tour de PDRI Tahun 2022, seyogyanya akan tercermin keberhasilannya disaat seluruh elemen masyarakat saling mendukung dan besinergi dalam pembangunan yang mensejahterakan seluruh masyarakatnya. (Fuad Riza) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre