Breaking News

Menteri Agama Buka Festifal Halal Indonesia 2022 Dalam Rangka HUT Ke 5 BPJPH


Jakarta, FIGURNEWS.COM - 

Kementerian Agama menggelar Festival Halal Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-5 Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang berlangsung mulai 14-16 Desember 2022.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, mengajak semua pihak untuk memfasilitasi pembiayaan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM.

“Saya mengundang dan mengajak Kementerian dan lembaga negara serta dinas, pemda, perbankan dan instansi swasta untuk bersama-sama memberikan fasilitasi pembiayaan sertifikasi halal untuk para pelaku UKM di Indonesia," katanya.

Sertifikat halal bukan semata-mata masalah administratif. Namun hendaknya menjadi bagian dari value (nilai), culture (budaya), dan filosofi dari sebuah perusahaan, yang sangat penting dalam branding (penjenamaan) produk," kata Kepala BPJPH Kementerian Agama Aqil Irham kepada pers di asrama haji, Pondok Gede, Rabu (14/12/2022).

Aqil mengemukakan bahwa para pelaku usaha bisa meningkatkan nilai dan daya saing produk dengan memproduksi dan menghadirkan produk bersertifikat halal.

Menurut dia, sudah banyak pengusaha yang menyampaikan kesaksian mengenai manfaat ekonomi yang didapat dari sertifikasi halal.

“Oleh karena itu saya berharap pelaku usaha, termasuk khususnya pelaku UKM, harus memiliki kesadaran akan betapa pentingnya produk bersertifikat halal itu," katanya dengan ramah.

Pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini berdampak positif terhadap berkembangnya sektor UKM maupun UMKM industri halal. 

Berdasarkan data dari State of the Global Islamic Economy (SGIE), indikator ekomomi syariah di Indonesia menduduki peringkat keempat di bawah Malaysia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. 

Pemerintah pusat turut memberikan perhatian lebih atas perkembangan industri halal di Indonesia dengan melibatkan Kementerian Agama mengenai sertifikasi jaminan halal bagi produk maupun jasa.

Pada Festival Halal Indonesia 2022 ini ada berbagai macam kegiatan antara lain Sertifikasi halal gratis, pameran produk halal, lomba mewarnai, talkshow halal, Konsorsium Laboratorium Halal dan Halal Indonesia Award 2022.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre