Breaking News

Melalui Gowes BI Sumsel Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah



Palembang, Figurnews.com,-

Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan Kegiatan "Gowes Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP) Berbagi" pada Sabtu, 24 Desember 2022. Kegiatan diikuti langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Erwin Soeriadimadja, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Joni Marsius, Pejuang Rupiah serta puluhan pegawai Bank Indonesia Sumsel. 

Tidak hanya sekedar gowes atau bersepeda santai, kegiatan juga dirangkaikan dengan edukasi mengenai Cinta, Bangga, Paham Rupiah serta pemberian bantuan berupa 150 paket sembako kepada Legiun Veteran Republik Indonesia, Pejuang Kebersihan Kota Palembang, Pejuang Transportasi Getek di Sungai Musi serta bantuan sosial kepada para korban Kebakaran di Jl. Ratna Palembang yang terjadi beberapa waktu lalu. Adapun penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis di halaman Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang, sebagai bagian dari rangkaian memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian dari para pegawai Bank Indonesia Sumsel kepada para pejuang yang telah berdedikasi di bidang nya masing-masing, seperti kepada para legiun veteran, pejuang kebersihan dan juga pejuang transportasi getek di Sungai Musi. 

"Gowes CBP ini juga sebagai bentuk inovasi dari Bank Indonesia Sumsel dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa mengimplementasikan Cinta, Bangga, Paham Rupiah dalam kehidupan sehari-hari", pungkas Erwin. Lebih lanjut Erwin menyampaikan bahwa Edukasi CBP yang dilaksanakan Bank Indonesia tidak hanya sekadar dilakukan melalui kegiatan formal, tapi juga dengan cara yang seru dan tidak membosankan, seperti bersepeda bersama dan menggelar turnamen _Electronic Sport_ _(E-sport)_, yang saat ini sedang banyak menarik perhatian anak muda.

"Pada November lalu, BI Sumsel juga telah mengadakan sosialisasi CBP dan pertandingan _E-Sport_ untuk para pegawai perbankan di Kota Palembang, dengan harapan edukasi CBP dapat terasa lebih ringan dan mudah dipahami, sehingga selanjutnya mereka dapat menyampaikan edukasi CBP ini kepada teman dan keluarga lainnya", ujar Erwin.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel juga menyampaikan plakat penghargaan kepada perwakilan perbankan yang berhasil menjadi juara dalam kompetisi _e-sport_ ini.

Sebagai informasi, Cinta Bangga Paham Rupiah adalah program edukasi Bank Indonesia yang memiliki arti penting agar masyarakat punya kesadaran besar untuk bersama-sama merawat Rupiah sebagai simbol kedaulatan NKRI, serta agar masyarakat dapat paham Rupiah yang berfungsi sebagai alat transaksi, berbelanja dan penyimpan nilai utk masa depan.

Cinta diartikan sebagai perwujudan dari kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain rupiah, memperlakukan rupiah secara tepat, dan menjaga rupiah dari tindak kejahatan pemalsuan uang.

Bangga Rupiah diartikan sebagai kemampuan masyarakat untuk memahami rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, simbol kedaulatan NKRI dan sebagai alat pemersatu bangsa.

Sedangkan Paham Rupiah diartikan sebagai tindakan dari masyarakat dalam memahami peran rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi dan fungsinya sebagai alat penyimpanan.

Kedepan, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan, pemerintah daerah dan berbagai pihak terkait akan senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga dapat terus mengimplementasikan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah dalam kehidupan sehari-hari.(*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre