Breaking News

LAMR Gelar Ustadz Kunjung dan Zakat Masyarakat Adat


Pekanbaru, Figurnews.com- : Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR) menggelar Ustadz Kunjung dan membantu menyalurkan zakat kepada masyarakat adat yakni Sakai dan Bonai, 3-4/12. Ustadz yang ditampilkan adalah Datuk Dr Maghfirah, M. A., sedangkan zakat berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZnas) Riau.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (Ketum DPP) LAMR Datuk Seri H. Taufik Ikram Jamil mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program LAMR dalam menafsirkan tunjuk ajar Melayu yang bersendikan syarak dan kitabullah. "Hal itu tentu tidak terlepas dari kenyataan kini yang antara lain menunjukkan bahwa kita memang harus memberi perhatian yang lebih kepada masyarakat adat, " kata Datuk Seri Taufik.

Ia mengatakan, baru tiga kelompok masyarakat adat yang menjadi lokasi Ustadz Kunjung LAMR tahun ini. Selain Sakai dan Bonai, kegiatan serupa akan dilaksanakan pada masyarakat Talang Mamak. Harapannya tahun depan dapat dilanjutkan pada masyarakat adat lain.

Ketua Panitia Ustadz Kunjung LAMR, Datuk Kamarudin mengatakan, kegiatan ini untuk mendorong semangat beragama bersama-sana. Tentu kurang memadai karena lama dan interval waktunya masih terbatas, tetapi diharapkan dapat menjadi tanda bahwa masyarakat adat tidak sendiri. Mereka memiliki saudara-mara di tempat lain.

Di sisi lain, lanjut Datuk Kamarudin, LAMR juga melihat, keadaan ekonomi masyarakat adat kini tidak menggembirakan. "Alhamdulillah, ketika dibicarakan dengan Baznas Riau, mereka langsung merespon dengan kesediaan menyalurkan zakat kepada mustahik bersamaan dengan Ustadz Kunjung, " kata Datuk Kamarudin lagi.

Baznas Riau menurunkan tim yang dipimpin Ketua 1, Dr Yahanan. Mereka membagikan 128 paket yg dikonversikan dalam bentuk uang. "Barangkali masih ada yang belum dapat sekarang, mudah-mudahan tersalurkan pada program yang akan datang, " kata Yahanan.

Ketua LAMR Kawasan Sakai Datuk Johan dan Ketua Lembaga Adat Bonai Datuk Mojapati, sangat bergembira dengan kegiatan tersebut. "Kami merasa sangat diperhatikan, " kata Datuk Mojapati.

Sebagai informasi, dalam sebulan ini, sudah tiga kali kegiatan LAMR Provinsi Riau yang melibatkan Sakai dan Bonai secara langsung. Pertama, penelitian pancung alas, disusul pelatihan tenaga kerja belia Block Rokan, dan Ustadz Kunjung. (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre