Breaking News

Kopi Minang Singgalang Balingka Juarai Festival Keberagaman Kopi dan Lomba Cita Rasa


Agam, Figurnews.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Festival Keragaman Kopi (FKK) yang dimulai Sabtu (10/12) dan ditutup Selasa (13/12) di Agamjua Art and Culture Cafe, Payakumbuh. Ajang ini diadakan untuk memperingati keberadaan kopi sebagai penyokong perekonomian Minangkabau.

Selama festival berlangsung, rangkaian kegiatan antar lain lomba uji coba cita rasa, pameran kopi, kuliner, dan kerajinan serta talkshow. Minggu hari kedua, Lomba Uji Coba Cita Rasa, seduhan Arabika yang diikuti oleh 22 peserta, dari Padang, Pasaman, Bukittinggi, Agam, Tanah Datar, Sijunjung, Payakumbuh, dilanjutkan pada hari berikutnya, Senin tanggal 12 Lomba Cita Rasa Arabika. Di mana ketangkasan peserta untuk meracik cita rasa yang khas ditantang.

Kabupaten Agam  memperoleh juara 1 di kedua kategori lomba diantaranya kategori Uji Coba Cita Rasa Kategori Arabika, Juara 1 Mukhtar Dahari (Kopi Minang Singgalang dari Balingka) dan Juara 2 Fahrul Anizar (Kopi Lasi Panghijauan) ,  selanjutnya kategori Uji Coba Cita Rasa Kategori Robusta Juara 1 Yogi Afrianto (KUPS Agrofest Kopi Data). 

Pemenang memperoleh hadiah sebesar puluhan juta rupiah. Di samping itu juga disediakan mesin kopi bagi masing-masing pemenang yang terpilih oleh juri dari kalangan profesional ini. 

Pemenang Kategori Arabika Mukhtar Dahari yang juga memiliki Kopi Minang Singgalang dari Balingka, menyambut baik FKK. Menurutnya, sebagai pelaku usaha kopi, acara seperti ini dapat memacu seluruh pihak untuk terus berkembang bersama-sama.

"Kita sebagai pelaku, bisa terus bersinergi dengan petani lokal, bersama berkembang, menikmati proses, melalui kendala yang ada, baik dari hulu maupun muara, seperti kopi yang selalu diseduh dengan sepenuh hati. Dan semakin meyakini bahwa kopi kita akan mendapat tempat di Nusantara bahkan dunia," paparnya.(Kominfo) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre