Breaking News

Kaleidoskop Pemerintahan Kabupaten Agam Tahun 2022 : 33 Penghargaan Tingkat Provinsi, 24 Penghargaan Tingkat Nasional


Agam, Figurnews.com - Selama rentang waktu Tahun 2022 Kabupaten Agam senantiasa menghadirkan berbagai program dan kegiatan pembangunan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Program dan kegiatan tersebut dapat berupa mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel dan melayani, Pemerintah Kabupaten Agam menghadirkan Smart Nagari untuk pembangunan nagari mandiri berbasis digital.  Dengan Smart Nagari masyarakat diharapkan dapat mengurus dokumen kependudukan secara efektif dan efisien melalui aplikasi yang dapat diakses pada smartphone android yang dimiliki. 

Selanjutnya, bertujuan untuk menjemput aspirasi masyarakat ke nagari-nagari yang tersebar di 16 Kecamatan di Kabupaten Agam, Pemkab Agam hadirkan program Bunga Nagari yaitu Bupati Ngantor di Nagari yang sudah dilaksanakan sejak Mei 2022.

Sepanjang tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Agam telah berhasil meraih 33 penghargaan tingkat Provinsi dan 24 penghargaan tingkat Nasional.

Bupati Agam Dr H Andri Warman MM mengatakan penghargaan tingkat Nasional yang terbaru diraih bulan Desember 2022 berupa Adiwiyata Nasional 2022 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan yang diraih SDN 14 Pincuran VII dan Anugerah Meritokrasi 2022 dari KASN.

“Dua penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang luar biasa selama tahun 2022,” Ucap Bupati.

Selain itu Kabupaten Agam juga mendapatkan opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) 8 kali berturut – turut atas laporan hasil pemeriksaan BPK RI.

 Dalam rangka mengoptimalkan Sumber Daya Daerah dan Pariwisata serta mempromosikan potensi budaya yang berbentuk seni lokal dan ekonomi kreatif, Pemkab Agam telah menggelar berbagai iven antara lain Koto Kaciak Expo 2022 di Tanjung Raya, Kamang Adventure 4, Fun Bike Tour de Maninjau, Festival Danau Maninjau, Festival Tambua Tansa, Napak Tilas Buya Hamka, Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad di Nagari lawang, Gadih Marandang,  hingga Pacu Biduak di Maninjau.


Untuk mewujudkan agam yang madani terutama dalam bidang pendidikan, Bupati Agam telah meresmikan Kampung Inggris pada 5 Nagari dengan kriteria peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu, berprestasi dalam akademik dan anak yatim atau piatu. 

Bupati Agam juga memberikan bantuan biaya hidup mahasiswa melalui program Agam Cerdas Generasi Maju kepada 117 mahasiswa yang melanjutkan pendidikan diberbagai perguruan tinggi di nusantara. Selain itu Bupati juga memberikan motivasi melalui program Sekolahku Hebat dan bersinar kepada siswa-siswi SMA sederajat yang berada di Kabupaten Agam.

Kemudian program unggulan pada bidang SDM adalah mendirikan 1000 rumah tahfiz. “Saat ini sudah 368 rumah tahfiz yang sudah terdaftar di kabupaten Agam,” Ucap Jatirman Kabag Kesra Kabupaten Agam, Senin (19/12).

Seiring dengan program unggulan tersebut, Pemkab Agam telah selenggarakan MTQ ke 40 di Kecamatan Palupuh dan MHQ pertama tingkat Kabupaten Agam di Kecamatan Ampek Angkek dengan enam peserta sebagai peraih juara I diberangkatkan umrah ke tanah suci sebagai hadiah.

Di sektor pembangunan, Pemkab Agam terus lakukan upaya pembenahan terhadap infrastruktur, berbentuk bangunan, jalan dan jembatan yang tersebar di 16 Kecamatan baik yang dikerjakan oleh pihak ketiga, swakelola dan masyarakat.(Kominfo - Fuad Riza) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre