Breaking News

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Mentawai Bekali Panwascam

Foto: Firdaus Risman Satoinong bersama nara sumber pada acara Rapat Fasilitasi Sentra Gakkumdu Mentawai. Kamis, (08/12/2022).

MENTAWAI. FN- Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Bawaslu Mentawai membekali Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam. 

Hal itu dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mentawai melalui Rapat Fasilitasi Sentra Gakkumdu. Kegiatan tersebut dihadiri 2 perwakilan dari 10 Panwascam di Kepulauan Mentawai. 

Sesui Peraturan Bawaslu Nomor 31 Tahun 2018 tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Bawaslu Mentawai telah membentuk Gakkumdu pada bulan November 2022 lalu. 

Komisioner Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Mentawai, Firdaus Risman Satoinong mengatakan, Gakkumdu yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu memiliki peran penting. 

Maka melalui kegitan itu lanjutnya, pihaknya memberi pembekalan bagi Panwascam dengan regulasi. 

Regulasi tentang fungsi sentral Gakkumdu dalam menyikapi suatu pelanggaran khusunya tentang pelanggaran tindak pidana pemilu. 

"Ketika ada pelanggaran berupa temuan atau pelaporan itu bisa kita bawa ke sentral Gakkumdu," ujar Firdaus Risman Satoinong. 

Melalui itu, pihak pengawas Pemilu tidak dapat langsung mengeksekusi pelanggaran tersebut. Namun tentunya melalui tahapan sesuai ketentuan. 

"Bagaimana kita melihat peristiwa itu, apakah ada bukti atau videonya, maka kita sebagai pengawas pemilu mesti memahami," tambahnya. 

Ia menjelaskan Sentra Gakkumdu berada di Bawaslu Kabupaten/Kota. Maka Masyarakat dapat menyampaikan laporan dan temuan itu ke Bawaslu. 

Firdaus memberi contoh, apabila ada salah satu peserta pemilu melakukan pelanggaran Politik Uang. 

Sentra Gakkumdu kata dia akan menilai unsur dari tindak pidana politik uang tersebut. 

"Menurut pengawas pemilu ini ada money politik, tapi menurut kejaksaan dan kepolisian belum tentu," terang Komisioner Bawaslu itu. 

Maka melalui itu perlunya keputusan bersama atas pelanggaran tindak pidana pemilu tersebut. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre