Breaking News

Hantam pembatas jalan, Mobil Angkutan Batubara terguling


Muara Enim, Figurnews.com - Hantam pembatas jalan, Mobil Angkutan Batubara terguling dan tumpukan batu bara akibat terjadi laka lantas depan Polsek Lawang Kidul akibat sopir dumptruk tronton mengantuk saat mengemudi, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 04.30 wib hari Rabu tanggal 21 Desember 2022.

Hal tersebut disampaikan petugas satlantas Polres muara Enim AKP. Suwandi saat mengatur lalu lintas di depan monpera Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Rabu (21/12).

Lebih lanjut dikatakan Suwandi "kejadian ini terjadi sekitar pukul 04.30 wib dini hari diakibatkan seorang pengemudi saat  mengengendarai dumptruk dalam kondisi mengantuk sehingga menabrak trotoar pembatas jalan," tuturnya.

Saat ini kendaraan dumptruk sudah diparkir dijalan arah Muara Enim untuk menghindari kemacetan arus lalulintas ditengah kota dan tumpukan batubara yang tertumpah sekarang sedang dievakuasi dengan alat berat excavator agar cepat selesai sehingga arus lalilintas normal kembali.

Ditambahkan Suwandi"untuk kerusakan trotoar pembatas jalan sudah dikoodinadikan ke pihak perusahaan untuk bertanggung jawab agar memperbaiki yang rusak," bebernya.

Kemudian pengaturan lalulintas saat ini dibantu Babinsa Lekson dan bhabinkamtias serta anggota Polsek Lawang Kidul, dana saat ini lalulintas sudah mulai berangsur normal kembali dengan menggunakan jalan satu arah.

Rahman Ketua Lembaga Aliansi BPAN cabang Muara Enim berkomentar dalam laka lantas mobil angkutan batubara di jalan umum yang sudah dilarang semenjak Pergub no 74 tahun 2018 bahwa angkutan batubara harus melalui jalur khusus bukan jalan umum. Pihak-pihak terkait sepertinya tutup mata dan tidak peduli lebih dari 4 tahun ini untuk mencari solusi agar bisa membuat jalur khusus angkutan batubara.

Lanjut Rahman, Namun dari dinas perhubungan provinsi merekomendasikan dispensasi untum melintas di jalan umum, dan tidak takut akan peraturan dari gubernur Sumatera Selatan. 

Ketidak singkron aturan dan rekomendasi ini membuat masyarakat menduga - duga adanya tindak korupsi yang terjadi pada tranportir angkutan batubara di jalan umum. 

Ketua Aliansi berharap "Mohon untuk pihak yang berwenang segera tindak tegas untuk angkutan batubara yang kapasitas muatan besar dan beri solusi yang baik dan tepat, agar masyarakat lebih nyaman dalam berkendara.pungkasnya". (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre