Breaking News

FDP Mentawai Tahun 2022 Belum Merata

Foto: Spanduk Fasilitas Distribusi Komoditas Pangan di Perusda Mentawai. Kamis, (22/12/2022).

MENTAWAI. FN- Sejak dimulainya Program Fasilitasi Distribusi Komoditas Pangan (FDP) pada Bulan November 2022 lalu, Perusda Mentawai mencatat FDP belum merata di 10 Kecamatan Mentawai. 

Hal itu disampaikan Direktur Administrasi dan Keuangan Perusda Kemakmuran Mentawai, Bastian bahwa melalui program FDP biaya Distribusi ditanggung Badan Pangan Nasional. 

"Penyalurannya dilakukan melalui Pasar Murah bersama Dinas Koperindagkop," ujarnya. Kamis, (22/12/2022). 

Namun program tersebut belum merata di beberapa wilayah akibat terbatasnya alat transportasi laut. 

Ia menambahkan, pendistribusian pangan tidak dibatasi. Pendistribusian tergantung kesiapan alat transportasi laut ke Mentawai. 

"Kenapa sedikit yang dibawa ke Sikabaluan karena kapal tidak ada sama sekali kesana, adapun hanya sekali seminggu," imbuhnya. 

Untuk Distribusi tahap awal ini, Perusda atau Perusahaan Daerah di Mentawai itu telah menyalurkan bahan pangan satu harga ke 5 Kecamatan yaitu, Sipora Utara, Sipora Selatan, Siberut Selatan, Siberut Utara dan Sikakap. 

Sementara itu, terdapat 5 kecamatan yang belum mendapatkan bahan pangan satu harga tersebut yakni, Siberut Barat, Siberut Tengah, Siberut Barat Daya, Pagai Utara dan Pagai Selatan. 

Perusda juga menyalurkan bahan pangan tersebut ke 2 Bumdes di Mentawai yakni, Bumdes Mara, Kecamatan Sipora Selatan dan Bumdes Maileppet, Siberut Selatan. 

Penjualan bahan pangan 1 harga itu dilakukan sesui Harga Acuan Pembelian (HAP). 

Adapun harga komoditi pangan itu seperti beras IR 66 harga Rp115 ribu per 10 kilogram, Beras IR 42 harga Rp145 ribu per 10 kilogram, Beras Medium Rp49 ribu per 5 kilogram, Cabe Rp30 ribu per kilogram, Minyakita harga Rp14 ribu, Sari Murni harga Rp16,5 ribu, Gula harga Rp13,5 ribu per kilogram, Gulakita harga 14,5 ribu per kilogram dan telur harga Rp53 ribu per papan. 

Penjualan Cabe dan Telur Perusda Mentawai mengalami kerugian yang disebabkan kondisi mobilisasi. 

"Kita berharap program ini dapat berlanjut tahun 2023, Perusda siap, tergantung Pemda," sebut Direktur Administrasi dan Keuangan Perusda Mentawai itu. 

Sebelumnya Pemda Mentawai menyampaikan Program tersebut tetap berlanjut hingga tahun 2023. Pemda Mentawai juga mempersiapakan alat transportasi laut untuk menjangkau wilayah yang belum tersalurkan di tahun 2022 ini. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre