Breaking News

Deputi Maki Sumsel Nilai BUMD Tak Mampu Setor PAD Berkesan Habiskan Uang Negara

Deputi Maki Sumsel Feri Kurniawan didampingi Boni Blitong (foto dok Fera)


Palembang, Figurnews.com,-

Deputi MAKI Sumsel Feri Kurniawan menilai BUMD yang tak mampu Setor PAD Berkesan Habiskan Uang Negara saja alias aji mumpung.

Menurutnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di didirikan dalam kerangka untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bidang usaha yang di kembangkan Berbasis Bisnis (Bisnis Oriented) atau mempunyai potensi keuntungan. 

"Pada kenyataannya banyak BUMD hanya menarik pungutan saja seperti Farticipacing Of Interest (bagian keuntungan yang di berikan cuma - cuma) dan hak monopoli tanpa resiko seperti angkutan batubara serta bidang usaha yang sudah ada pembelinya seperti Pembangkit listrik dan Hak jual gas bagian negara,"katanya saat dimintai pendapat orang wartawan Figurnews.com, Rabu (21/12/2022).

Karena kata dia,Bisnis yang di kembangkan BUMD ini tidak terlalu membutuhkan banyak pengurus perusahaan seperti Direksi dan Komisaris serta karyawan.

"Nyatanya sangat banyak pengurus usaha dan karyawan yg mungkin tidak punya job site yang jelas,"ujar Feri

Dia Bilang,Keuntungan yang didapat tanpa susah payah ini sebagian besar untuk gaji pengurus usaha yang mencapai puluhan juta per pengurus dengan banyak pengurus dan banyak karyawan sehingga pada akhirnya tidak bisa menambah PAD

"Belum lagi berbagai kegiatan pengurus dalam rangka seremonial ke luar propinsi dengan Fasilitas Bintang lima dan SPJ yang lumayan besar,"ucapnya

Jadi pada intinya tutur Feri, BUMD itu hanya perusahaan seremonial dengan bisnis yang pasti untung tanpa susah payah namun dengan biaya operasional tinggi.

"Belum lagi suntikan penyertaan modal yang tak jelas untuk kegiatan bisnis apa dan untuk siapa," tutur dia

Kalau mau fair, kata dia Play BPKP dan inspektorat terkait laporan keuangan, Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) dan perputaran kas setara kas.

"Maka saya menduga banyak yang tidak jelas dan berpotensi tindak pidana korupsi," ucapnya 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre