Breaking News

BUPATI H. AMIRUDIN BUKA KEGIATAN DISPLAY LABORATORIUM INOVASI TAHAP II KABUPATEN BANGGAI


Banggai, Figurnews.com- 

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M. hari Kamis (15/12/2022) membuka kegiatan Display Laboratorium Ivonasi Tahap II Kabupaten Banggai di Estrella Hotel & Conference Luwuk. Kegiatan yang diprakarsai oleh Bappeda Litbang Kabupaten Banggai dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administasi Negara (KKIAN) LAN RI Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, S.H., M.A.

Diawal sambutannya Bupati Banggai berterima-kasih atas kehadiran Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administasi Negara (KKIAN) LAN RI Dr. Tri Widodo. "Semoga kami kembali mendapatkan pencerahan atas pentingnya berinovasi dan menggairahkan kembali semangat Perangkat Daerah untuk lebih inovatif, tidak lagi bekerja dengan cara-cara biasa namun menggagas terobosan batu untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Amirudin.

Pada Laboratorium Tahap I kata Bupati, dihasilkan sebanyak 190 ide inovasi, akan tetapi yang berjalan dan dilaksanakan sampai saat ini hanya sebanyak 50 ide inovasi. Dalam Laboratorium Inovasi Tahap II saat ini, menghasilkan 95 ide inovasi. Oleh sebab itu lanjutnya, Bupati Amirudin berharap ide inovasi yang dilahirkan pada Laboratoium Inovasi Tahap II ini agar dapat benar-benar diimplementasikan oleh Perangkat Daerah tanpa kendala apapun sesuai komitmen inovasi yang ditandatangani.

Kepada seluruh Perangkat Daerah dan Perangkat Kecamatan yang telah berpartisipasi dalam Laboratorium Tahap II, Bupati Banggai memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya.

"Saya berharap, Perangkat Daerah dan Perangkat Kecamatan harus terus bergerak dalam melakukan inovasi sehingga tercipta layanan prima. Saya tidak ingin ada Perangkat Daerah yang hanya berdiam diri dan melaksanakan kegiatan rutin saja setiap tahunnya," tegas Bupati. Lebih lanjut kata Bupati, masyarakat membutuhkan inovasi-inovasi baru sehingga masyarakat terlayani dengan baik. "Sesungguhnya kita harus menyadari, bahwa kita adalah pelayan dan pembantu masyarakat," katanya.

Diakhir sambutannya Bupati Amirudin berharap, dengan lahirnya Perda Inovasi Daerah dan Brida Banggai, Energizing dan Recharge Innovation dapat dimaksimalkan.

Sementara itu Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administasi Negara (KKIAN) LAN RI Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo diawal sambutannya menyatakan, bahwa hari ini bukan hanya hari yang luar biasa, tapi adalah hari yang sangat bersejarah. Bukan hanya untuk Kabupaten Banggai, tapi juga mungkin sejarah untuk negeri kita Indonesia. Karena sepanjang pengetahuannya, sejak pandemi Covid-19, belum pernah ada daerah yang menyelenggarakan Display Inovasi. Hari ini kata Doktor bidang Ilmu Administrasi Publik dari Sekolah Pascasarjana Univesitas Gadjah Mada Yogyakarta, untuk pertama kalinya sejak pandemi, dirinya diundang untuk menghadiri kegiatan Display Inovasi. 

Mengapa perlu dilakukan display, pameran, festivl, unjuk kinerja dari inovasi ini? Karena inovasi tidak boleh hanya terjadi di ruang-ruang rapat perkantoran saja, di ruang sidang legislatif, atau juga mungkin di ruang seminar saja. Tetapi inovasi harus hidup, harus terjadi, harus berlangsung di dalam ruang-ruang publik. Ketika kita ingin menghadirkan inovasi untuk publik, pertanyaannya adalah bagaimana kita melakukan itu. Display inilah, adalah salah satu cara yang efektif untuk menjadikan pertanggungjawaban terhadap seluruh mandat, seluruh sumberdaya, seluruh program dan kegiatan yang kita lakukan sebagai apatarur pemerintah agar dapat dirasakan oleh masyarakat. Olehnya itu kata Tri Widodo Wahyu Utomo, ajang display ini, bukan dari kita untuk kita, tetapi ini adalah dari kita, untuk masyarakat Kabupaten Banggai. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M. memberikan penghargaan kepada Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, S.H., M.A. atas pendampingan kegiatan Laboratorium Inovasi. Selain itu juga penghargaan lainnya diberikan kepada Perangkat Daerah dan Inovator yang telah berpartisipasi dalam Kompetisi Inovasi Tahun 2021/2022. Diantaranya pemberian penghargaan untuk tahun 2021 diberikan kepada Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, DPMPTSP Kabupaten Banggai, RSUD Kabupaten Banggai, Puskesmas Hunduhon, Puskesmas Tangeban. Sedangkan untuk tahun 2022 penghargaan yang sama diberikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, BPKSDM Kabupaten Banggai, Dinas PUPR Kabupaten Banggai, Dinas PMD Kabupaten Banggai, Bagian Hukum Setda Kabupaten Banggai, BPJ Setda Kabupaten Banggai dan Puskesmas Kampung Baru.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan secaran simbolis Komitmen Inovasi antara para Kepala Perangkat Daerah dan para Camat dengan Bupati Banggai.

Pasca penyerahan penghargaan, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administasi Negara (KKIAN) LAN RI Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, S.H., M.A. didampingi Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M. meninjau lokasi pameran.

Turut hadir pada kegiatan ini para pimpinan Perangkat Daerah, para Kabag di lingkup Setda Kabupaten Banggai, para Camat dan Kepala UPT Kesehatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai, para peserta Display Inovasi dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah. (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre