Breaking News

Bupati Banggai Hadiri Pembukaan Resmi Rakor Penyusunan Laporan Keuangan Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2022



Banggai, Figurnews.com- BUPATI BANGGAI Ir.AMIRUDIN Menghadiri Sekaligus membuka secara resmi RAKOR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERANGKAT DAERAH TAHUN ANGGARAN 2022 DAN DI RANGKAIKAN DENGAN LOUNCHING " MODEL SI - AKUN ".

Kegiatan RAKOR ini di selenggarakan oleh BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN & ASET DAERAH , bertempat di HOTEL ESTRELLAH LUWUK , Rabu 7 Desember 2022

Bupati Banggai dalam membacakan sambutannya mengatakan bahwa laporan keuangan perangkat daerah merupakan catatan informasi keuangan dalam satu periode akuntansi , yang menggambarkan kinerja perangkat daerah.

Sebagaimana diamanatkan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah dinyatakan bahwa laporan keuangan pemerintah daerah ( LKPD ) disampaikan kepada badan pemeriksa keuangan paling lambat 3 ( tiga ) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

namun pada tahun anggaran 2022 ini ada wacana percepatan penyampaian LKPD yang sedianya diserahkan paling lambat di akhir Maret 2023 , di percepat menjadi akhir februari 2023.

Untuk itu , saya menginstruksikan kepada seluruh perangkat daerah agar menyampaikan laporan keuangan melalui BPKAD paling lambat tanggal 30 Januari 2023. Hal ini dimaksudkan karena laporan keuangan perangkat daerah masih perlu untuk di konsolidasikan sebelum diserahkan kepada BPK RI perwakilan provinsi Sulawesi tengah.

Selain itu , perangkat daerah juga harus mempersiapkan dokumen / bukti pendukung sesuai dengan akun akun yang terdapat dalam laporan keuangan sebagai bahan pemeriksaan BPK RI provinsi sehingga proses audit dapat terlaksana dengan baik.

Alhamdullilah pada kesempatan yang berbahagia ini , kita kedatangan narasumber yang luar biasa dari tim BPKP perwakilan provinsi Sulawesi tengah selaku pengawas keuangan pemerintah dan tim BPK sebagai auditor , yang akan memberikan masukan ataupun saran dalam hal pengelolaan keuangan daerah ke depan demi kabupaten Banggai yang kita cintai.

Saat ini pemerintah kabupaten Banggai telah memperoleh opini wajar tanpa pengecualian ( WTP ) sebanyak sepuluh kali secara berturut turut , namun hal tersebut tidak membuat kita merasa puas dengan capaian itu , karena masih banyak hal yang harus kita benahi sehingga dapat meminimalisir temuan atas pemeriksaan LKPD ke depan . Dan bisa kembali meraih opini WTP yang ke sebelas kalinya. Tutur Bupati Banggai.

Turut hadir pimpinan OPD Kabupaten Banggai , para camat , kepala subauditorat BPK RI perwakilan Sulawesi tengah PRABOWO FARID TRIJOKO bersama AHMAD JAELANI ( NARASUMBER ) , BPKP perwakilan Sulawesi tengah koordinator pengawasan bidang akuntansi Pemda IWAN ARI SULISTYONO , SST.AK.,M.AK. bersama Auditor Pertama MUFLI RUMEKSO ( NARASUMBER ) , serta hadirin undangan yang sempat hadir

Penulis ; Atenk 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre