Breaking News

Bupati Agam Buka Seminar Nasional Front Palupuah Merawat Sejarah Untuk Masa Depan

Agam, Figurnews.com - Bupati Kabupaten Agam membuka secara resmi Seminar Nasional Front Palupuah dengan tema "Merawat Sejarah, Menjaga Marwah Bersama Untuk Masa Depan Tujuah Lurah Koto Rantang", dilaksanakan di Aula Kantor Camat Palupuah, Sabtu (24/12 /2022). Seminar Nasional Front Palupuah diselenggarakan oleh Palanta Anak Nagari (PAGA) Kanagarian Koto Rantang.

Bupati sangat mengapresiasi antusiasme Anak Nagari Koto Rantang dalam membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat Palupuah (Front Palupuah) mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada Agresi Militer Belanda II yang hampir terlupakan oleh generasi Palupuah saat ini. Sejarah mencatat perjuangan masyarakat Palupuah berhasil menghambat langkah militer Belanda yang berusaha merebut kembali daerah daerah yang pernah dikuasai paska kemerdekaan Indonesia. Perlawan masyarakat Palupuah sangat berperan penting dan sangat membantu perlawanan masyarakat di daerah Kabupaten Agam lainnya. 

Hal tersebut diatas disampaikan Bupati Agam yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati, S.STP., M.Si. Kegiatan seminar yang mengangkat marwah Front Palupuah adalah bentuk perjuangan masyarakat Palupuah khususnya dalam mengisi kemerdekaan, agar semangat perjuangan melekat kepada generasi dalam pembangunan. 

"Kita tidak ingin sejarah perjuangan Front Palupuah hilang dimakan zaman, generasi generasi muda tidak memahami hingga tidak peduli akan peran penting peristiwa besar sejarahnya bagi masyarakat di Kabupaten Agam dan bangsa Indonesia, maka kegiatan yang mengangkat marwah Front Palupuah sangatlah penting", statemen Bupati Agam. 

Sejarah Front Palupuah tidak sebesar gaung perlawan masyarakat Kamang ataupun masyarakat Manggopoh, masyarakat Agam sudah menjadikan perjuangkan kedua daerah di Agam tersebut karena sudah dikenang dan  diperingati perjuangannya setiap tahun. Seminar Nasional Front Palupuah adalah langkah yang juga akan menjadi sejarah baru masyarakat Palupuah, karena seminar tersebut menjadi dasar sikap masyarakatnya dalam menghargai dan mengangkat marwah Front Palupuah bisa melekat pada diri setiap anak nagari yaitu semangat juang dalam setiap langkah untuk membangun Palupuah untuk masa depan yang lebih baik. 

Melalui Kadis Sosial Kabupaten Agam, Bupati Kabupaten Agam memberi catatan penting dari kepada seluruh peserta seminar dan seluruh masyarakat Palupuah untuk menggali data data sejarah terkait Front Palupuah dari narasumber dikegiatan Seminar Nasional Front Palupuah dan berjuang bersama sama bagaimana merawat sejarah Front Palupuah. 

"Pemkab Agam siap memfasilitasi keinginan masyarakat Palupuah, baik itu literasi terkait, menjadikan sejarah Front Palupuah bagian dari kurikulum pendidikan maupun mencanangkan Hari Peringatan Front Palupuah sebagaimana yang telah ditetapkan Hari Peringatan atas Perjuangan masyarakatnya Kamang dan Manggopoh, jika data data otentik terkait Front Palupuah, Benda maupun Situs bukti sejarah perjuangan masyarakat Palupuah cukup memadai, kita bisa mendirikan museum bahkan tokoh sentral Front Palupuah akan kita usulkan sebagai Pahlawan Nasional ", amanat Bupati Agam yang disampaikan Kadis Sosial Kabupaten Agam. 

Adapun narasumber yang menyampaikannya materi dalam Seminar Nasional Front Palupuah yaitu Komandan Brimob Polda Sumbar, Dr. Aslinda, M. Hum. (Pakar Sejarah Unand), Sri Raflesia, AMd. (Editor buku Front Palupuah karangan Dr. Ir. H. Darwis) dan Fikrul Hanif Sofyan, S. Sos., M. Hum.

Ketua DPRD Kabupaten Agam, Kapolresta Bukittinggi, Komandan Kodim Bukittinggi, Camat Palupuah, Walinagari, Pengurus Tujuah Lurah Koto Rantang Sepakat (TSK), Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Ninik-Mamak, Bundo Kanduang dan seluruh peserta seminar, sepakat untuk merawat sejarah, menaikkan marwah Front Palupuah. Semangat Juang Front Palupuah adalah modal kuat untuk membangun Palupuah wujud bela negara dalam mengisi kemerdekaan yang telah direbut dan dipertahankan oleh para pejuang bangsa, Merdeka !

Laporan : Fuad Riza 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre