Breaking News

Bimtek Bekali Panwascam di Mentawai, Salah Satunya Sipora Utara

Foto: Ketua Panwascam Sipora Utara, Harianto Sihombing. Rabu, (21/12/2022).

MENTAWAI. FN- Menjelang Pemilu Tahun 2024 mendatang, Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) diberi pembekalan.  

Pembekalan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) itu merupakan salah satu upaya dari Penyelenggara dan Pengawas Pemilu dalam menghadapi Pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang.  

Menurut Ketua Panwascam Sipora Utara, Harianto Sihombing Bimtek merupakan penguatan bagi Divisi Panwascam. Usai pelantikan pada 28 Oktober 2022, Ia dan 2 Divisi lain, telah melaksanakan Bimtek dua kali terkait pembekalan pengawasan. 

Bimtek pertama dilaksanakan di Bundo Ghouse usai pelantikan dengan materi Sosialisasi Perbawaslu dan Produk Hukum Non Peraturan Tahapan Bawaslu Pemilu 2024. 

Selanjutnya Bimtek kedua pada 8 Desember 2022 di Bujai Hotel dengan materi fasilitasi sentra Gakkumdu Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Kemudian Bimtek ketiga pada 19 Desember 2022 di Jelita Hotel dan Bundo Ghouse dengan materi Pengawas Pemilu Ad-hoc dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024. 

Ia menambahkan, melalui bimtek ini Ia dapat menerapkan sebagai Pengawas Pemilu di Kecamatan. Bimtek sebagai bekal pengawas Pemilu untuk pencegahan pelanggaran dan sekaligus mempersiapkan sistem administrasi yang baik setiap devisi panwaslu kecamatan 

"Dengan begitu, kita dapat mencegah pelanggaran dari Parpol maupun peserta Pemilu dan Pemilih," ujarnya di Sekretariat Panwascam Sipora Utara itu. Rabu, (21/12/2022).  

Hal itu telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Kemudian Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan Perbawaslu. 

Menurutnya, letak geografis Mentawai sebagai wilayah Kepulauan menjadi sangat penting dalam memahami peraturan dalam pengawasan Pemilu tersebut.  

"Kita dalam pengawasan ini diharapakan lebih selektif, berintegritas, netral dan profesional dalam menanggapi pelanggaran," terangnya.  

Ia berharap saat pesta demokrasi tahun 2024 mendatang sesui dengan harapan dan cita-cita nusa dan bangsa.  

Sebelumnya terdapat 6 Pengawas Pemilu Desa (PPD) di Kecamatan Sipora Utara. Namun pihaknya menunggu Petunjuk Teknis dari Bawaslu Kabupaten kepulauan Mentawai dalam pembentukan PPD kedepan.  

Ketua Panwascam Sipora Utara itu merupakan salah satu dari 3 Divisi di Panwascam. Ia membidangi Divisi Sumber Daya manusia, Organisasi dan Data Informasi, Pendidikan dan Latihan SDM. 

Selanjutnya, Wiwin Kurniawati Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi masyarakat dan Hubungan antar Lembaga. Kemudian Elsa Marianti Sababalat, Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre