Breaking News

Bid Tik Polda Sumsel Jalin Komunikasi VTS Distrik Navigasi Palembang



Palembang, Figurnews.com,

Keberadaan Vessel Traffic Services (VTS) Distrik Navigasi Palembang yang terintegrasi sangat di butuhkan untuk memonitor lalu lintas pelayaran serta mendorong efisiensi bernavigasi sehingga dapat menurunkan resiko kecelakaan kapal serta mampu memberikan rasa aman bagi pengguna jasa pelayaran di wilayah perairan Polda Sumatera Selatan.

Kasubbid Tekinfo (Akbp Sutrisno) Bersama Kasubbid TEKKOM (Kompol Surapati) Bid TIK Polda Sumsel melakukan kunjungan silahturahmi di kantor VTS Distrik Navigasi Palembang ingin melihat secara langsung bagaimana operasional para operator yang berada di Room VTS lantai 8 melakukan pengawasan, pemantauan serta memberikan informasi melalui Radio VHF terhadap kapal-kapal yang hilir mudik di perairan Sumatera Selatan, Selasa (20/12/2022).

Di dampingi para staf VTS Distrik Navigasi Palembang, di atarannya KAbid Operasi Bpk. PRAMUDJI PERMADI, SE. M.Si, Kasi Sarpras Operasi Bpk. Darmapala, SE, MM, dan Manager VTS Ibu MERRY DHANI dapat melihat sarana prasana ITE (perangkat) yang tergelar seperti : 

- VTS Radar Console untuk memantau pergerakan kapal,

- CCTV Console yang terpasang di sensor pelembang sebanyak 3 unit (PTZ) dan wilayah tanjung buyut kec. Sunsang banyuasin sebanyak 2 unit (PTZ).

- Automatic Identification System (AIS) Consule yang di gunakan untuk menangkap sinyal AIS dari kapal.

- VHF Radio Consule sebagai alat komunikasi antara VTS dan kapal.

- Electronic Navigation Chart (ENC) adalah peta elektronik yang terdapat dalam system.

- VTS Data System untuk menyimpan data kegiatan.

Penjelasan dari para staf VTS, keberadaan ruang Monitoring tersebut bertujuan untuk Memonitor lalulintas dan alur lalulintas pelayaran di wilayah kerja yang meliputi wilayah Propinsi Sumsel, Babel dan Jambi, Meningkatkan keamanan lalulintas pelayaran, memberikan Perlindungan lingkungan maritim terhadap kapal-kapal yang melakukan olah gerak, pengamatan pendeteksian dan penjejakan kapal di wilayah cakupan kapal, memberikan pelayanan dalam pengaturan informasi umum terkait kondisi alur, cuaca dan berita marabahaya serta membantu kapal-kapal yang memerlukan bantuan khusus.

Kabid TIK Polda Sumsel Kombes Pol. RIO NABABAN, SIK, M.H menyampaikan, Cakupan kinerja VTS Distrik Navigasi Palembang yang sangat luas, di harapkan kedepan Bid TIK Polda Sumsel dan VTS Distrik Navigasi Palembang dapat bekerja sama terkait tugas-tugas yang menunjang kinerja Kepolisian khususnya dalam hal ITE.

#poldasumsel #bidhumpoldasumsel

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre