Breaking News

Bawaslu Pessel Bimtek Panwaslu Kecamatan Dan Sekretariat Guna Tingkatkan SDM

 



Pesisir Selatan, Figurnews.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar kegiatan bimbingan teknis dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Sabtu (3/12) dan dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison.

Dalam sambutan, Erman menyampaikan kegiatan tersebut, mengundang Ketua, Koordinator Sekretariat dan Staf Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Selatan serta turut menghadirkan Camat Ranah Ampek Hulu Tapan dan Camat IV Nagari Bayang Utara.

Katanya, dalam rangka mewujudkan pemilu yang berintegritas dan berkualitas, peserta wajib memahami tugas pokok dan fungsi pengawas Pemilu yang meliputi tiga aspek, yaitu Cegah, Awasi, dan Tindak.

“Pengawas pemilu harus memperkuat solidatas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas dalam bekerja,” ujarnya.

Kepala Bidang Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Nesvita Zikra selaku pemateri pada sesi pertama mengulas tentang pengelolaan keuangan Panwaslu Kecamatan secara akuntabel dan transparan.

Lebih lanjut dikatakan, keuangan Panwaslu Kecamatan tersebut terdiri atas dua hal saja, penerimaan dan pengeluaran yang muaranya adalah pertanggungjawaban.

“Untuk penyusunan laporan keuangan Bawaslu Kabupaten secara benar, lengkap dan tepat waktu dibutuhkan koordinasi, kerjasama, dan komitmen setiap Panwaslu Kecamatan dalam pertanggungjawaban keuangan.” sebutnya.

provinsi Sumatera Barat Karnalis Kamaruddin selaku pemateri kedua menyampaikan, pembentukan Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan beserta tugas dan fungsinya berdasarkan keputusan Ketua Bawaslu Nomor : 354/HK.01/K1/10/2022.

Kata Kasek, tugas sekretariat memberikan dukungan administrative dan teknis operasional kepada Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/ Desa, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara.

Lanjutnya, Kordinator Sekretariat (Korsek) Panwaslu Kecamatan yang ditunjuk dalam pengelolaan keuangan juga bertanggung jawab terhadap penginputan pengusulan RAB pada sistem pengendalian penyerapan anggaran dan menyusun SPTB, rekapan pengeluaran, serta bukti pertanggungjawaban.

Konsultan dan Trainer Feri Irawan “Tan Ganto” yang didapuk sebagai pemateri sesi terakhir mengupas tentang harmonisasi oraganisasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan.

Ia menyampaikan filosofi kemitraan antara Panwaslu Kecamatan dengan stake holder terlihat dengan adanya kedudukan yang sejajar diantara bermitra, adanya kepentingan bersama yang ingin dicapai, adanya prinsip saling menghormati dan adanya niat baik untuk membantu dan saling mengingatkan.

“Kunci harmonisasi organisasi Panwaslu Kecamatan adalah paham akan tugas, wewenang, dan tanggungjawab, kemudian jaga komunikasi, saling percaya, membangun harmonisasi atau keselarasan dalam mengoptimalkan kinerja dan hindari konflik sesama anggota Panwaslu dan yang berhubungan langsung,” tutupnya.(*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre