Breaking News

Bapanas Jamin Mobilisasi Pangan ke Mentawai

  


foto: Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai. Jumat, (02/12/2022).

MENTAWAI. FN- Badan Pangan Nasional (Bapanas) menjamin biaya mobilisasi pangan ke Mentawai. Mobilisasi Pangan melalui Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) bertujuan untuk stabilitas harga bahan pokok. 

“Sesui himbauan Mendagri bahwa kami didaerah melakukan kegiatan untuk menekan inflasi di daerah,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mentawai, Hatisama Hura di ruang kerjanya. Jumat, (02/12/2022). 

Menurutnya, tingkat Inflasi di Kepulauan Mentawai dilatar belakangi biaya transportasi penyeberangan Padang ke Mentawai. 

"Maka kita mengambil pangan dari Produsen untuk kita bawa ke daerah, misalkan harga disana Rp100 ribu, maka apabila kita bawa kesini harganya tetap Rp100 ribu,” tambah Kadis itu.

Ia menjelaskan Pemerintah Daerah melalui offtaker seperti Perusahaan Daerah (Perusda) Mentawai menjual ke Masyarakat. 

Tentunya tidak sama dengan harga pasaran. Ini peran Pemerintah Daerah dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok di Mentawai. 

"Kita terima laporan kebutuhan bahan pokok bagi Masyarakat di Kepulauan Mentawai, Selanjutnya kita akan sampaikan ke Badan Pangan Nasional,” imbuhnya. 

Untuk offtaker lanjutnya, tidak mesti Perusda Mentawai. Namun dapat dilakukan oleh Perusahaan lain yang berbadan hukum. 

Selanjutnya mampu berkomitmen tentang harga penjualan lebih murah dari harga pasaran. “Jadi inflasi ini pelan-pelan mulai kita tekan,” terang Kadis. 

Selain itu, dalam menekan Inflasi Kepala DKPP Mentawai itu menyampaikan, pihaknya mengadakan beberapa kegiatan tanaman pangan cepat panen seperti cabe. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre