Breaking News

Agam Butuh Perda Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik


Agam, Figurnews.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan sistem air limbah domestik dibutuhkan sebuah aturan yang dapat menjadi pedoman.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah pada rapat paripurna nota penjelasan bupati atas Ranperda tentang pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik, Senin (5/12).

Diungkapkan wakil bupati, saat ini sebagian besar air limbah domestik yang berasal dari aktivitas rumah tangga masih dibuang langsung ke saluran drainase atau sungai.

“Sehingga air limbah domestik perlu dikelola dengan baik agar ekses negatif yang ditimbulkan tidak merugikan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pengelolaan air limbah domestik merupakan upaya mengubah citra yang negatif menjadi sesuatu yang bernilai positif dan menguntungkan masyarakat.

Adapun persoalan pemerintah daerah dalam pengelolaan air limbah domestik antara lain belum adanya payung hukum yang bersifat teknis.

Kemudian, belum adanya struktur institusi penyelenggara bidang pengelolaan limbah domestik yang terpisah antara regulator dan operator.

Lalu, terbatasnya SDM dan koordinasi antar instansi terkait dalam penetapan kebijakan di bidang air limbah domestik.

Selanjutnya, sarana dan prasarana yang belum memadai, baik itu armada maupun kapasitas olah IPLT.

“Berkaca kondisi tersebut, pemerintah daerah perlu menyusun rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik,” ucap wabup.(Humas) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre