Breaking News

Zainal Abidin Mengaku Bangga Kota Palembang Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan JKPI

Foto Bersama Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan Tamu yang hadir Rakernas JKPI lX


Palembang, Figurnews.com,-

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengaku Bangga kota Palembang menjadi Tuan Rumah atas terselenggaranya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke lX tahun 2022.

Diketahui Kegiatan JKPI dimulai tanggal 2-4 November 2022 yang dipusatkan di pelantaran Museum Sultan Mahmud Badaruddin ll diikuti oleh Sebanyak 44 peserta (Kepala Daerah) dari 73 peserta mewakili Kabupaten Kota se-Indonesia.

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, Wakil Walikota Palembang Fitriyanti Agustinda, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Walikota Palembang Harnojoyo (Kanan ke Kiri, Foto dok Fera)

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengucap Syukur atas terselenggaranya event besar ini, Seperti yang di sampaikan oleh Ketua Presidium Bima Arya.

"Alhamdulillah JKPI pada hari ini di selenggarakan di kota Palembang sudah kita dengarkan bersama paparan Ketua Presidium Bima Arya,"katanya saat di wawancarai usai Pembukaan Rakernas IX  JKPI bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis  (03/11/2022).

Ia menuturkan bahwa Tujuan dari JKPI ini sendiri tentunya kata dia menguntungkan Kota Palembang

"Tujuan JKPI ini untuk menggali Sumber Kota Pusaka mulai dari Bidang Pariwisata, Budaya akan bangkit kembali misalnya sebuah pemandangan yang Indah dan layak untuk dikembangkan,"tuturnya

DPRD Kota Palembang Sendiri, Lanjut Zainal Menyetujui Anggaran untuk penyelenggaraan event JKPI karena dengan adanya event tersebut otomatis  Kota Palembang beruntung.

"Salah satu bentuk dorongan kita yaitu dengan menyetujui Penggunaan anggaran JKPI dan kota palembang sebagai tuan rumah.
Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin

Seperti menghidupkan UMKM, Makanan Khas Palembang, Pakai khas Palembang, tempat wisata dan juga kebudayaan ciri khas Palembang.

"Terselenggaranya event ini di kunjungi oleh Puluhan Ribu Pengunjung diwakili oleh daerah masing-masing, Bisa kita bayangkan PAD Kota Palembang mulai dari Hotel, Rumah Makan ramai dan terutama makanan khas palembang yaitu pempek banyak di beli oleh peserta JKPI dan di bawa pulang sebagai ole-ole,"ucapnya

Sementara Wagub Sumsel Mawardi Yahya mengatakan Efek positif dengan digelarnya Rakernas JKPI di Palembang akan berdampak pada peningkatan pendapatan sektor UMKM. Mengingat Palembang tidak saja dikenal dengan kota  sejarah namun juga dikenal dengan aneka kulinernya yang akan diburu oleh peserta rakernas.
 
"Kita berharap dengan banyaknya peserta rakernas ini,  sebagai tuan rumah  Kota Palembang juga  dapat mengenalkan budaya, kuliner dan kearifan lokal yang ada kepada para peserta yang datang dari luar daerah,” tambahnya.

Mawardi Yahya menyampaikan beberapa hal penting  yang  menjadi catatan pada Rakernas diantaranya  ajakan mempertahankan Kota Pusaka dan kebudayaan di Palembang.
 
“Kita  mempunyai komitmen yang kuat dalam mempertahankan kebudayaan  dan kearifan lokal yang kita miliki," imbuhnya.
 
Pemprov Sumsel lanjut Mawardi  telah mengambil langkah konkret dalam mempertahankan kearifan lokal   di Sumatera Selatan dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Melestarikan Kebudayaan dan Kearifan Lokal  berupa pemasangan gapura tanjak  disetiap bangunan kantor dinas, lembaga, BUMN, dan BUMD, hingga Sekolah-sekolah.
 
"Salah satu komitmen Pemprov Sumsel dalam menjaga budaya warisan leluhur. Telah dikeluarkannya Perda terkait dengan penggunaan aksesoris kebudayaan seperti tanjak disetiap acara dan menghiasi ornamen dengan ciri khas tanjak disetiap bangunan perkantoran, hotel, sekolah dan sebagainya,” pungkasnya.
Ketua Presidium JKPI Sekaligus Walikota Bogor, H. Bima Arya Sugiarto 
Dikesempatan yang sama, Ketua Presidium JKPI Sekaligus Walikota Bogor, H. Bima Arya Sugiarto mengajak para peserta yang hadir untuk dapat berkomitmen dalam mempertahankan kebudayaan yang ada, agar dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pendapatan negara melalui pariwisata budaya.
 
"Indonesia punya cerita, kita punya sejarah sepeti yang disampaikan oleh Walikota Palembang tentang Kerajaan Sriwijaya dan sejarah lainnya. Banyak tempat yang memiliki cerita yang berbeda disetiap wilayah. Selain permasalahan infrastruktur, kita juga tidak memiliki komitmen yang kuat dalam rangka mewujudkan hal tersebut,” ucapnya.
 
Ia menambahkan kekayaan alam bisa habis, sumber daya alam bisa habis, kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Indonesia tidak akan pernah habis. "maka dari itu, ini harus kita rawat dan kita kembangkan agar menjadi penghasilan bagi negara,”  tuturnya.
 
Selain itu ia juga meminta agar setiap Kabupaten/kota untuk bisa mendirikan pusat dokumentasi dan pusat literasi yang menampilkan sejarah dan budaya yang dimiliki agar masyarakat dapat mengetahui tentang budaya dan sejarah dari setiap daerah masing - masing.
 
"Yang kita harapkan juga setiap masing-masing daerah bisa membuat tempat sebagai pusat literasi yang bisa menampilkan sejarah di daerahnya," tandasnya.
 
Sementara itu Walikota Palembang, Harnojoyo mengungkapkan rasa bangga dan senang lantaran Kota Palembang bisa menjadi tuan rumah pada acara Rakornas tersebut.


"Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta rakernas ke IX di Kota Palembang. Suatu kebahagian dan kehormatan bagi kami serta menjadi kebanggan bagi kami masyarakat kota Palembang karena telah terpilih untuk mennadi tempat dilaksanakan kegiatan rakernas", ungkap Harnojoyo.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua Presidum JKPI sekaligus Walikota Bogor, Bima Arya, Staf Ahli Menteri Kebudayaan Uni Emirate Arab, Dr. Alwadh Ali Saleh Al Syafei, Direktur Jendral International Information and Networking Centere For Intangible Cultural Heritage In Auspices Of Unesco (ICHAP), Jun-Sun-Kim, Direktur Eksekutif JKPI, Nanang Asfrinal, Walikota Palembang, Harnojoyo, Wakil Walikota Paembang, Fitrianti Agustinda, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa.(*)



Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre