Breaking News

Walaupun Diguyur Hujan, Peringatan HKN Ke - 58 di Pessel Berlansung Hikmat dan Meriah




Painan,Figurnews.com -- Walau diguyur hujan, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Kamis (17/11) di halaman kantor Dinas Kesehatan berlangsung hikmat dan meriah.

Peringatan HKN dengan tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku” itu, dihadiri Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati Rudi Hariyansyah, Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, Direktur RSUD dr M Zein Painan, Harefa, Direktur RSUD Pratama Tapan, Amri Kampai, para kepala UPT Puskesmas se Pessel, petugas kesehatan, serta para pejabat eselon III lainnya itu, Bupati Rusma Yul Anwar, juga menyerahkan berbagai penghargaan.

Bupati Rusma Yul Anwar, dalam kesempatan itu berharap peringatan HKN ke-58 yang juga digelar oleh daerah itu, akan menjadi momentum bagi Pessel dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat ke depan.

“Saya berharap melalui peringatan HKN dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku ini, menjadi awal bagi Pessel untuk membangkitkan semangat baru dalam meningkatkan kualitas pembangunan kesehatan ke depan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan bidang kesehatan menjadi salah satu prioritas di daerah itu karena merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

“Pembangunan kesehatan dengan berbagai kekurangan dan kelemahannya  merupakan persoalan mendasar yang harus dituntaskan dan diselesaikan ke depan. Ini saya katakan karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar, disamping juga pendidikan dan lainnya. Dari itu kepada Dinas Kesehatan dan jajaran harus dengan sungguh-sungguh dalam mensukseskan pembangunan bidang kesehatan ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu dia juga meminta kepada semua jajaran Dinas Kesehatan untuk mengawasi dan memantau pembangunan kesehatan selama dua tahun terakhir.

“Tujuannya agar bisa dievaluasi apa yang harus ditingkatkan dan juga dibenahi kedepannya. Tugas yang diembankan ini merupakan tugas ke manusiaan, maka juga harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab melalui sentuhan kemanusiaan,” jelasnya.

Kepada bidan desa yang melakukan praktik di lapangan, dia juga menegaskan supaya melengkapi berbagai izin, serta juga memiliki peralatan medis yang yang lengkap.

“Saya minta kepada bidan desa agar sungguh sungguh memperhatikan kelayakan dan kelengkapan peralatan medisnya dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat. Ini saya tegaskan agar dalam melakukan pertolongan, terutama sekali bagi ibu melahirkan tidak terjadi lagi kematian ibu dan bayi saat persalinan di daerah ini,” ingatnya.

Dia juga berharap jajaran Dinas Kesehatan di daerah itu tetap mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat. Memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, dan pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup.

“Serta juga terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi, dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” ingatnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, menjelaskan peringatan HKN ke-58 itu, Pessel juga mendapatkan dua unit kendaraan roda dua untuk melancarkan operasional petugas kesehatan di dua Puskesmas.

“Dua unit kendaraan roda dua untuk operasional petugas medis itu diserahkan oleh Bupati Rusma Yul Anwar kepada Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, dan Puskesmas Kayu Gadang Kecamatan Sutera. Saya berharap bantuan ini akan menambah semangat dan motivasi petugas dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” timpalnya. (Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre