Breaking News

Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Tim Pora Agam Rapat Koordinasi

Agam, Figurnews.com – Bupati Agam diwakili Asisten I Setdakab Agam, Rahman, SIP menghadiri Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tingkat Kabupaten Agam di Balcone Hotel, Tilatang Kamang, Senin (28/11). 

Rapat ini turut dihadiri Instansi pemerintah daerah dan Forkopimda Kabupaten Agam.

Pertemuan itu merupakan salah satu kegiatan yang dinaungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melalui Divisi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam.

Rahman mengatakan, tujuan diselenggarakannya pemantauan dan pengawasan orang asing adalah dalam rangka menjamin keamanan, stabilitas politik, persatuan dan kesatuan serta kewaspadaan terhadap segala dampak negatif yang timbul akibat keberadaan orang atau tenaga kerja asing di wilayah hukum Kabupaten Agam. 

“Berdasarkan data terbaru, ada 27 WNA yang berasal dari 8 negara tersebar di Kabupaten Agam,” ucapnya.

Melihat jumlah dan sebaran orang asing di Kabupaten Agam katanya, pihaknya harus mengetahui dan memastikan tujuan dari WNA itu sendiri demi menjaga keamanan dan ketertiban.

“Jika kita kelompokkan berdasarkan WNA yang memiliki izin tinggal, maka ada 6 kecamatan yang menjadi daerah sebaran, diantaranya, Kecamatan Canduang (1 orang), Tilatang Kamang (4 orang), Ampek Angkek (6 orang), Banuhampu (4 orang), Maninjau (2 orang), dan Tanjung Mutiara (1 orang),” kata Rahman. 

Dengan demikian kata Rahman, para WNA yang menetap atau bekerja di Agam, sah secara keimigrasian hendaknya juga perlu diberikan rasa aman, nyaman dan diayomi bersama hingga timbul kesan bahwa Agam adalah daerah yang aman dan ramah untuk pendatang. 

ia juga berharap, nantinya hubungan dan koordinasi yang terjalin berjalan baik sebagimana tugas dan fungsinya. 

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Sumbar yang diwakili Kasubbid Intelijen Keimigrasian Dwi Afandho Farid dalam sambutannya mengatakan, bahwa pengawasan terhadap orang asing di Sumatera Barat terus dimaksimalkan melalui sinergi dengan tim PORA di daerah. 

“Harapan kami, seluruh pihak yang tergabung dalam tim PORA Agam turut melakukan pengawasan dan memberikan informasi terkait keberadaan orang asing, baik yang terdata maupun tidak,” ujar Farid. 

Secara khusus Farid menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya atas hubungan baik dan koordinasi dengan Pemda Agam.(Humas) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre