Breaking News

Tim Dari KIP Akan Datangi Nagari Bungo Pasang Salifo Pessel untuk Evaluasi dan Apresiasi Desa



Painan,Figurnews.com -- Tim dari Komisi Informasi Pusat (KIP) akan menyambangi Nagari Bungo Pasang Salido, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan untuk Pendalaman/Visitasi Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa Tahun 2022, Kamis (17/11), besok. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Donny Yoesgiantoro dalam suratnya Nomor 865/KIP/XI/2022, tanggal 11 Nopember 2022, perihal Pemberitahuan Pendalaman/Visitasi Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2022 kepada Wali Nagari Bungo Pasang Salido, Propinsi Sumatera Barat. 

"Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Desa yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, saat ini telah memasuki tahap pendalaman penilaian terhadap Desa yang dinilai telah memenuhi aspek yang ditentukan dalam,  Kueisioner Evaluasi sebelumnya," kata Donny. 

Senada, juga disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Propinsi Sumatera Barat, Noval Wiska dalam suratnya, Nomor: 95/KI-PSB/X/2022, tanggal 17 Oktober 2022, yang ditujukan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (PPID) Kabupaten Pesisir Selatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM-KB) supaya dapat mendampingi Desa/Nagari dalam Pendalaman/Visitasi Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam pelaksanaan KIP Tahun 2022 tersebut. 

"Hasil sosialisasi pelaksanaan Visitasi dan Apresiasi Desa dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik Desa oleh Komisi Informasi (KI) Propinsi Sumatera Barat Tahun 2022 merekomendasikan Desa/ Nagari Bungo Pasang Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan untuk mengikuti Evaluasi dan Apresiasi Desa oleh KI Pusat,"katanya. 

Dijelaskan, visitasi oleh KI Pusat dilaksanakan di 2 (dua) wilayah/kloter. Kloter pertama pada tanggal 16-18 November dan kloter kedua akan dilaksanakan 23-25 November 2022. 

“Visitasi Evaluasi dan Apresiasi Desa ini akan dilakukan bersama dengan tim dari Kementerian Desa dan Kementerian PPN/Bappenas,"ujarnya. 

Nagari Bungo Pasang Salido mewakili Propinsi Sumatera Barat merupalan satu dari 10 desa yang masuk dalam Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Desa 2022 yang digagas Komisi Informasi Pusat. 

Sepuluh besar desa yang masuk nominasi  berdasarkan pada nilai kuisioner yang sudah divefirikasi, yakni untuk wilayah barat yang masuk nominasi adalah  Desa Sendangsari, Jogjakarta (nilai 77,50), Desa Bunga Pasang Salido (Sumatera Barat, nilai 75,96), Desa Ploso, Jawa Timur (nilai 75,13), Desa Titian Kuala, Kalimantan Barat (nilai 75,13) dan desa Bukit Jawa, Sumatera Selatan (nilai 74,58). 

Kemudian untuk wilayah tengah yang masuk nominasi adalah, Desa Duda Timur, Bali (nilai 72,66), Desa Bokong Nusa Tenggara Timur (nilai 63,58), Desa Ganra Sulawesi Selatan (nilai 62,85) dan Desa Tengin Baru, Kalimantan Timur (nilai 57,22). Sementara untuk wilayah timur yang masuk nominasi adalah Desa Maitara Tengah, Maluku Utara (nilai 63,56).(Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre