Breaking News

TERUNGKAP ADA 21 IUP PERTAMBANGAN DI KALIMANTAN TIMUR DIDUGA PALSU


SAMARINDA, FIGUR NEWS.COM --

Terdapat 21 Izin Usaha Pertambangan ( IUP ) diduga palsu terjadi di Kalimantan Timur terungkap pada saat Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPRD Kalimantan Timur. Senin 14 November 2022.

Tim Pansus Investigasi Pertambangan Kaltim mengundang beberapa Organisasi Perangkat Daerah atau OPD yang diduga telah memproses perizinan dari dokumen-dokumen palsu bertandatangan Gubernur Kaltim tersebut.  


Wakil Ketua Pansus Investigasi Pertambangan, Muhammad Udin memberikan penjelasan bahwa dokumen 21 IUP palsu tersebut terdiri dari dua surat pengantar izin, pertama bernomor : 5503/4938/B.Ek bersifat penting, perihal surat pengantar dan permohonan tindak lanjut pengaktifan data MODI, MOMS dan EPNBP yang ditujukkan kepada Menteri ESDM RI bertandatangan Gubernur Kaltim Isran Noor. Lalu Surat yang kedua yaitu bernomor : 503/5013/DPMPT-SP-4/IX/2021, bersifat penting perihal surat pengantar dan permohonan tindak lanjut pengaktifan data MODI, MOMS dan EPNBP yang ditujukkan kepada Menteri ESDM cq Direktur Minerba Kemen ESDM RI yang bert andatangan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Saat rapat, ditanyakan kepada OPD yang bersangkutaan, tidak ada satu surat yang teregistrasi pada DPMPTSP Kaltim.  "Yang menjadi pertanyaan sebenarnya siapa yang bermain dibalik ini? Hal ini lah yang ingin kami ungkap" ujar Udin saat di Wawancara oleh Wartawan FIGUR NEWS .

Pemprov Kaltim melalui ITWIL ( Inspektorat Wilayah ) telah melaporkan kepada pihak kepolisian. Melihat ada titik terang, pansus juga akan kembali memastikan pelaporan tersebut apakah diproses di Polda Kaltim atau Polres Samarinda.

Informasi tambahan yang diberikan Udin selaku legislator Partai Golkar dia mendapat salah satu surat klarifikasi dari Gubernur Kaltim terkait 21 IUP palsu bersumber dari RDP. 

Dalam surat itu pada point ketiga menyampaikan, mengklarifikasi Gubernur Kaltim tidak pernah memproses dan menerbitkan surat pengantar yang sekarang ini diduga palsu. 

Dari 21 IUP Pertambangan, Pansus juga akan melakukan kroscek lapangan pascareses nantinya, karena ada informasi beroperasinya perusahaan yang terdaftar dalam 21IUP diduga palsu tersebut.

#. Edy,S.H.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre