Breaking News

Sukseskan Sensus Pertanian 2023, BPS Sumsel Gelar Workshop

Kepala BPS Provinsi Sumsel Ir Zulkipli, M.Si (foto Fera) 

Palembang, Figurnews.com,-

Sukseskan sensus pertanian pada tahun 2023 mendatang Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Workshop.

Kepala BPS Provinsi Sumsel Zulkifli mengatakan sebelum dilaksanakannya Sensus Pertanian pada tahun 2023 mendatang sengaja di lakukan Workshop terlebih dahulu.

"Kegiatan sensus Pertanian yang akan dilakukan pada tahun 2023 nanti kita awali dengan koordinasi dengan Perusahaan Pertanian dengan kelompok Tani,"katanya saat diwawancarai usai Workshop, Selasa (29/11/2022).

Dalam sensus tersebut Kata dia, meliputi Sektor Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, perkebunan, Peternakan, Perikanan, Kehutanan dan jasa pertanian.

"Pada intinya dalam sensus pertanian 2023 ini semua dalam sektor pertanian,"Ucapnya

Kemudian lanjut Zulkifli, Sensus Pertanian ini di laksanakan setiap 10 Tahun sekali sesuai undang-undang RI nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik guna mencatat Pertanian Indonesia untuk kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani.

"Tujuan ST2023 ini agar keinginan Pemerintah untuk mendapatkan data akurat bisa tercapai,"sambungnya

Ia meyakini, Waktu satu bulan yang diberikan oleh Pemerintah yang pelaksanaannya mulai tanggal 1 -31 Mei 2023 akan sukses.

"Berkaca pada pendataan Regsosek kemaren bisa terlaksana dengan baik,"katanya

Oleh karena itu, Pihaknya dari jauh hari sudah mempersiapkan konsep sedemikian rupa mulai dari Koordinasi sampai diberikan Pelatihan untuk petugas yang akan melaksanakan Sensus nanti.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Agus Darwa Sedang memberikan materi dalam Workshop (foto Fera)

"Insyaallah Petugas yang sudah kita latih jadi kita perlu Koordinasi dari depan dengan perusahaan. Jadi dari awal kita sonding dulu bahwa dari awal sudah kita persiapkan terkait pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh petugas BPS,"Ucapnya

Ia memperkirakan Petugas BPS yang akan melakukan Sensus Pertanian 2023 mendatang tidak jauh berbeda dengan Petugas ketika melakukan Regsosek sebelumnya.

"Petugas yang dipersiapkan secara rinci belum ada mungkin akan tetapi tidak akan jauh bedanya dengan petugas Regsosek kemaren 13.366 Orang mungkin sekitar itulah,"jelasnya

Hasil Data ST2023 tersebut, kata dia hal pertama diperlukan menjawab isu strategis terkini di sektor pertanian dan hasil ST2023 juga akan dimanfaatkan untuk mengetahui potensi terkait petani Milenial dan modernisasi adopsi teknologi disektor pertanian serta Bagaimana Pemerintah akan memberikan kebijakan.

"Data tersebut nantinya Pemerintah akan memberikan kebijakan sehingga subsidi Pupuk seperti apa, Subsidi bibit seperti apa kalau datanya bagus akurat itu hasilnya pasti jauh lebih baik,"paparnya

Ia berharap agar Kedatangan petugas BPS nanti diterima dengan baik dan memberikan data dengan benar dan menjawab dengan Jujur.

"Saya berharap agar petugas mendapatkan data yang akurat,"harapnya

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre