Breaking News

Pj. Bupati Launching Layanan Kapal Cepat Antar Pulau di Mentawai

Foto: Pj. Bupati Mentawai, Martinus Dahlan didampingi Fokopimda beserta jajaran saat Lanching layanan kapal cepat antar pulau di Mentawai. Senin, (28/11/2022).

MENTAWAI. FN- Melalui acara Launching Kapal Cepat Antar Pulau, Pemerintah Daerah (Pemda) resmikan perjalanan pertama layanan Kapal. 

Perjalanan pertama rute Tuapeijat-Sikabaluan itu bertolak dari Pelabuhan Tuapeijat menuju Pelabuhan Muara Siberut. hari ini, Senin, 28 November 2022 pukul 12.00 Wib. 

Selanjutnya, kapal milik swasta Mentawai Fast itu kedepan melayani rute Tuapeijat-Siberut, Siberut-Sikabaluan, Sikabaluan-Siberut, Siberut-Tuapeijat, Tuapeijat-Sikakap dan Sikakap-Tuapeijat. 

Pejabat Bupati Mentawai, Martinus Dahlan menyampaikan layanan kapal cepat ini kedepan dapat mempersingkat waktu perjalanan Masyarakat di Kepulauan Mentawai. 

Ia menambahkan, dengan adanya layanan ini mempermudah Masyarakat melakukan perjalanan ke Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tuapeijat sebagai pusat pemerintahan. 

Pihaknya mengupayakan Kapal Cepat tersebut dapat beroperasi hingga tahun depan. 

"Kita berharap kapal ini dapat beroperasi hingga tahun-tahun berikutnya," ujar Martinus Dahlan di Pelabuhan Laut Tuapeijat, Senin, (28/11/2022). 

Pemda Mentawai memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam pendistribusian produk. Selanjutnya bagi Pasien rujukan dari Puskesmas di Kepulauan Mentawai. 

"Kita sudah membicarakan dengan pemilik kapal agar menggratiskan pelaku UMKM yang telah terdaftar," terangnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Mentawai, Tohab Nababan menjelaskan 200 shift/60 persen sama dengan 120 orang dalam perhitungan skema Subsidi Kapal Cepat. 

Saat ini, Pemda Mentawai menyediakan subsidi 1 milyar bagi perjalanan Kapal Cepat tersebut. 

"Namun apabila rata-rata jumlah penumpang terus melebihi 120 orang, maka uang kita tidak terpakai," sebut Tohab Nababan. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre