Breaking News

Perubahan Skema Penerimaan Masuk PTN Tahun 2023, Rektor Unsri : Inovasi Yang Bagus

Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU.ASEAN.Eng (foto dok Fera)

Palembang, Figurnews.com,-

Perubahan Skema Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2023 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tehnologi (Mendikbud ristek) Nadiem Makarim.

Peraturan tersebut sudah diterbitkan dengan Nomor 346/P/2022 tentang Panitia Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023.

Perubahan tersebut tertuang dalam Permendikbudristek nomor 48 tahun 2022 secara otomatis menggantikan Permendikbud nomor 6 tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri.

Rekor Universitas Sriwijaya (Unsri) Anis Saggaff mengatakan Perubahan tersebut merupakan Inovasi Yang Bagus dan sudah disepakati oleh berbagai Pihak.

"Peraturan Sebelumnya bukan berarti salah tapi Peraturan Yang baru juga lebih bagus," katanya saat diwawancarai di griya Agung, Jum'at (04/11/2022).


Kemudian lanjut dia, Perguruan Tinggi Negeri di bawah langsung Kementerian otomatis wewenang penentuan masuk Perguruan Tinggi (PTN) di tentukan oleh Kementerian untuk SNMPTN dan SBMPTN.

"PTN ini dibawah kementerian jadi Idealnya itu harusnya kementerian yang menentukannya,"ujarnya


Sebelumnya, jelasnya Anis Penerimaan SNMPTN dan SBMPTN di tentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang terdiri dari Seluruh Rektor PTN.Nah, Sekarang di ambil alih oleh Kementerian namanya Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru-Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan(SNPMB-BP3)

"Kalau dulu SBMPTN 70 Persen ditentukan oleh Kementerian ( kuota Pusat) jadi Panitianya selama ini dibuat yang namanya majelis Rektor terbentuk lah LTMPT, berbeda dengan masuk PTN tahun 2023 yang menentukan Panitianya dari Kementerian namanya ,"ujarnya 


Pada tahun 2023 Nanti jelasnya dia, Penerimaan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui 3 jalur yakni Pertama Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi (SNBP) sebelumnya di sebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kedua Seleksi Nasional berdasarkan Tes (SNBT) sebelumnya di kenal dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ke tiga Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

"Pola penerimaannya untuk SNBT hanya 50 Persen di tentukan oleh nilai Akademik sisanya Prestasi yang di hasilkan misalnya Juara Ketika mengikuti Olimpiade atau Anggota Paskibraka Nasional,"papar Anis

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre