Breaking News

Penasihat khusus Jack Smith untuk mengawasi penyelidikan kriminal terhadap Trump


Seorang pengacara independen telah ditunjuk untuk mengawasi penyelidikan kriminal departemen kehakiman AS terhadap mantan Presiden Donald Trump.

Amerika Serikat, FIGURNEWSCOM --

Jack Smith, mantan jaksa kejahatan perang, ditunjuk sebagai penasihat khusus oleh Jaksa Agung Merrick Garland dalam konferensi pers.

Dia akan memimpin penyelidikan tentang bagaimana Trump menangani dokumen rahasia dan dugaan perannya dalam kerusuhan Capitol.

Mr Trump, yang menjadi subjek dari beberapa penyelidikan lainnya, menyangkal melakukan kesalahan.

Mr Smith pada akhirnya akan memutuskan apakah mantan presiden Republik, yang mengumumkan pencalonannya pada 2024 tiga hari lalu, akan menghadapi tuntutan pidana.

"Dalam kasus luar biasa tertentu, merupakan kepentingan publik untuk menunjuk jaksa khusus untuk mengelola penyelidikan dan penuntutan secara independen," kata Garland pada hari Jumat.

"Karena perkembangan terakhir, termasuk pengumuman mantan presiden bahwa dia adalah kandidat dalam pemilihan berikutnya, dan niat presiden yang sedang menjabat untuk menjadi kandidat juga, saya menyimpulkan bahwa itu untuk kepentingan publik."

Dia mengatakan langkah itu akan memberikan kepercayaan publik pada penyelidikan.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam dari perkebunannya di Florida, Mar-a-Lago, Trump mengecam "penyalahgunaan kekuasaan yang mengerikan" oleh departemen kehakiman yang "korup dan sangat politis" dalam menunjuk penasihat khusus "kiri super radikal".

Mr Smith adalah mantan jaksa di New York dan baru-baru ini menjabat sebagai kepala jaksa di Den Haag di mana dia menyelidiki kejahatan perang di Kosovo.


                Jack Smith baru-baru ini menjabat sebagai jaksa kejahatan perang di Den Haag

Dia akan segera kembali ke AS untuk memulai pekerjaannya, kata Garland. Untuk mencegah klaim bias partisan, departemen kehakiman mengatakan Mr Smith adalah seorang independen politik yang terdaftar.

Bisnis serius untuk Trump

Keputusan Merrick Garland untuk menunjuk penasihat khusus menunjukkan bahwa pemerintahan ini sangat menyadari bahwa kasus-kasus ini melibatkan pertaruhan politik tertinggi.

Langkah departemen kehakiman Joe Biden untuk menuntut seorang pria yang mungkin berhadapan dengannya dalam pemilihan umum presiden 2024 akan dianggap mencurigakan oleh separuh negara, terlepas dari jaminan ketidakberpihakan apa pun.

Menyerahkan ini kepada penasihat khusus, dan memberikan kuasa kepada penasihat itu untuk melakukan apa yang dianggapnya perlu, memberikan administrasi Biden setidaknya suatu ukuran isolasi terhadap tuduhan semacam itu.

Ini juga menunjukkan bahwa departemen kehakiman yakin ada cukup bukti untuk menuntut Trump, karena kasus yang tidak berdasar dapat diabaikan begitu saja tanpa tindakan.

Semua ini adalah urusan serius bagi Trump dan sekutu terdekatnya, hanya beberapa hari setelah dia mengajukan penawaran ketiganya untuk Gedung Putih.

Penyelidikan penasihat khusus cenderung mengambil nyawa mereka sendiri, dan menemukan jalan penuntutan baru untuk dijelajahi, seperti yang dilakukan penyelidikan Rusia oleh Robert Mueller dan penyelidikan serupa selama kepresidenan George W Bush dan Bill Clinton.

Tuan Garland telah menggerakkan angin puyuh yang arah akhirnya akan sulit diprediksi.

"Saya bermaksud untuk melakukan penyelidikan yang ditugaskan, dan setiap tuntutan yang mungkin timbul dari mereka, secara independen dan dalam tradisi terbaik Departemen Kehakiman," kata Smith dalam sebuah pernyataan tak lama setelah pengangkatannya.

"Langkah investigasi tidak akan berhenti atau berhenti di bawah pengawasan saya," tambahnya. "Saya akan melakukan penilaian independen dan akan memajukan penyelidikan dengan cepat dan menyeluruh ke hasil apa pun yang ditentukan oleh fakta dan hukum."

Mar-a-Lago milik Trump, tempat dia mengumumkan pencalonannya sebagai presiden pada Selasa malam, digeledah oleh agen FBI pada Agustus. Mereka menyita dokumen-dokumen rahasia dan sedang menyelidiki apakah dia mungkin telah melanggar hukum dengan menyimpan dokumen-dokumen itu di sana setelah dia meninggalkan Gedung Putih.

Departemen kehakiman juga menjalankan penyelidikan kriminal terpisah atas kerusuhan Capitol 6 Januari 2021 dan upaya yang lebih luas untuk membatalkan pemilihan presiden 2020 - tetapi ini sebagian besar dirahasiakan.

Sementara itu, sebuah komite di Kongres telah memeriksa serangan yang membuat para pendukung Trump menyerbu gedung Capitol di Washington dalam upaya untuk menghentikan pengesahan kemenangan Presiden Joe Biden.

Komite telah mengisyaratkan kemungkinan akan merekomendasikan kepada departemen kehakiman bahwa Trump menghadapi perubahan pidana atas dugaan perannya dalam kerusuhan tersebut.

#. BBC

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre