Breaking News

Nagari Jawi-Jawi Guguak di Lounching Menjadi Kampung Inggirih


Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, hari Sabtu (5/12), di Lounching Menjadi Kampung Inggirih (Inggris), bertempat di SDN 22 Jawi-Jawi Guguak.

Lounching kampung Inggris dikukuhkan oleh Bupati Solok, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Medison, S.Sos. M.Si. Turut hadir anggota DPRD, Seprismen, Plt.kepala Disparbud, Armen, AP, Asisten 2, Syaiful, ST, MM, Kadispora, Zainal Jusmar, Walinagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir, tokoh masyarakat, serta para pejabat terkait yang ada diperintahkan kabupaten Solok.

Menurut pengamatan media ini, Jawi-Jawi Guguak cocok dengan julukan tersebut karena sudah didesain ala luar negeri, dan dilengkapi dengan penginapan yang memadai untuk menampung para wisatawan, kampung Inggris diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam mengerakan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah setempat.

Acara ini dikemas dalam bentuk sebuah peristiwa yang akan menjadi catatan sejarah. Semua unsur masyarakat berkumpul dan turut menjadi saksi dil ounchingnya nagari tersebut menjadi kampung Inggris di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Medison menyampaikan apresiasi atas inisiatif untuk memanfaatkan keindahan sebagai salah satu pokok untuk menggenjot sektor kepariwisataan, dan sari inisiatif itu, besar harapan akan membawa perekonomian masyarakat keatas yang lebih baik lagi.

“Atas nama Bupati Solok, kita sangat mendukung nagari Jawi -Jawi di Lounching sebagai Nageri Inggris, dan menjadi satu satunya di Sumatera Barat,” sebut Medison.

Ditambahkannya, Pemerintah daerah Kabupaten Solok, akan memberikan perhatian penuh terhadap program nagari Inggris, dan akan terlibat lansung dalam pemecahan masalah yang ada termasuk masalah anggaran yang dibutuhkan.

Sebelumnya, ketua pelaksana kegiatan dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan itu untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung perekonomian terutama untuk nagari Jawi Jawi.

Dalam kemasannya bekerjasama dengan English Comunity yang juga akan memberikan pelatihan berbahasa Inggris kepada masyarakat sebagai salah keharusan untuk menunjang program nagari Inggris.

Usai acara peresmian kampung Inggerih, acara dilanjutkan dengan kegiatan Lounching Excavator yang akan digunakan oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan sektor pertanian. Seperti halnya untuk membuka jalan usaha tani, pembangunan irigasi, dan kegiatan pertanian lainnya.

Kegiatan diakhiri dengan sesain tanya jawab seta penampungan aspirasi masyarakat terkait dengan pembangunan infrastruktur dan pembangunan lainnya yang dibutuhkan di nagari Jawi Jawi. Dalam hal itu pembangunan di sektor pertanian dan pariwisata menjadi kebutuhan yang mendesak. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre