Breaking News

Musabaqah Hifdzil Qur’an Ke - I, Alat Evaluasi Wujudkan Visi Misi Masyarakat Madani Kabupaten Agam



Agam, Figurnews.com –Bupati Kabupaten Agam, Dr. Andri Warman, MM., patut diapresiasi langkah kebijakan politiknya dalam un mengevaluasi pencapaian kinerja pemerintah atas visi dan misi memujudkan masyarakat Agam yang maju, Madani dan berkelanjutan. 

Bupati Agam mengedepankan objektivitas dari pencanangan pendirian 1000 Rumah Tahfidz di Kabupaten Agam sampai hitungan jumlah out put dari pendirian Rumah Tahfidz tersebut. Besar harapan fokus Pemkab Agam pada program pendidikan agama berbasis Al Qur’an, nantinya berdampak positif terciptanya peradaban yang Agamais sebagai salah satu karakter Masyarakat Madani seperti yang kita pahami bersama.

Alat Evaluasi pencapaian visi dan misi Pemkab Agam itu adalah Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), digelar untuk yang pertama kalinya, Kamis 24 November 2022, berlokasi di Lapangan Sepak Bola Parik Putuih, Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, MHQ ke – I resmi dibuka oleh Bupati Agam, Ketua MUI Kabupaten Agam, Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Agam, Tokoh Masyarakat Agam, Aristo Munandar, Ketua Pelaksana MHQ ke-I, Ekko Espito, S. STP., MA ditandai dengan pemukulan tambua secara bersama-sama.

 


Musabaqah Hifdzil Qur’an merupakan perlombaan antar Rumah Tahfidz se Kabupaten Agam. Untuk yang kali pertama ini, MHQ bertemakan “Menuju Agam Lebih Maju dengan Generasi Qur’an, Berkarakter, Berintegritas Berprestasi yang Madani“.

Musabaqah Hifdzil Qur’an ini bisa terlaksana wujud kuatnya integritas elemen masyarakat Kabupaten Agam, bukti Visi Misi Pemkab Agam didukung semua pihak. Sinergitas Pemkab Agam, MUI Kabupaten Agam, Kantor Kemenag Kabupaten Agam, Kaum Adat, Bundo Kanduang, Parik Paga dan tentunya partisipasi seluruh Rumah Tahfidz yang tersebar di 16 Kecamatan dalam mengirimkan santriawan/santriwatinya sebagai kafilah di MHQ terjalin dengan baik dan dinamis.

Masyarakat Agam sampai pada fase akhir Tahun 2022 kepemimpinan Bupati Dr. Andri Warman dan Wakil Bupati Irwan Fikri, SH tentunya sudah bisa merasakan Kerja Nyata pemerintahan, khususnya terkait fokus memajukan Pendidikan masyarakatnya.  Program Beasiswa sudah banyak digelontorkan bagi mereka yang berprestasi sampai pada program (evaluasi capaian) Musabaqah Hifdzil Qur’an kali ini Bupati Agam memberikan Paket Umrah, Uang Tunai, Piala dan Sertifikat/Piagam bagi masing masing capaian pemenang setiap kategori yang dilombakan.

Hadiah sebagai Motivasi yang disediakan Bupati Agam berhasil menaikkan animo masyarakat untuk berpartisipasi. Target Bupati tercapai, 501 kafilah perwakilan dari 137 Rumah Tahfidz yang tersebar di 16 Kecamatan yang berada wilayah Kabupaten Agam, mendaftar diajang MHQ pertama tersebut.

 


Perlombaan antar Rumah Tahfidz se Kabupaten Agam tuntas dalam satu hari penuh. Malam harinya disaat Penutupan MHQ ke I para pemenang diumumkan. Setelah kompetisi 3 kategori yang dipertandingkan tuntas, pemegang Tiket Umroh yang Bupati Agam rencanakan berangkat di awal Tahun 2023 didapat dari penilaian akhir Dewan Panitera dan Dewan Juri yang sebelumnya dilantik dan diambil sumpahnya sebagai upaya mendapatkan penilaian objektif dan berusaha menjaga netralitas agar hasil keputusan yang diambil benar benar bisa diterima semua pihak.

Selain itu, Pemkab Agam juga berusaha semaksimalkan mungkin menekan hal hal negatif yang merusak maksud dan tujuan utama pelaksanaan MHQ ke I dengan menurunkan ASN bidang Media Dinas Kominfo Agam yang dipimpin, Antono, melakukan Live Streeming melalui Akun resmi Diskominfo Agam media sosial Youtube : https://youtube.com/@DiskominfoAgam , dan Tim Padang TV, sehingga masyarakat bisa menyaksikan perhelatan MHQ ke I secara keseluruhan.

 


Bagi para pemenang masing-masing Kategori Hafidz 3 Juzz, 5 Juzz dan 7 Juzz, baik santriawan dan santriwati diputuskan Juara I mendapat Paket Umroh ditambah Uang Tunai sebesar 5 Juta Rupiah, Piala dan Piagam, Juara II Uang Tunai 3 Juta Rupiah, Piala dan Piagam. Juara 3 mendapatkan Uang Tunai sebesar 2 Juta Rupiah, Piala dan Piagam. Harapan I mendapatkan Uang Tunai sebesar 1 Juta Rupiah Piala dan Piagam, Harapan II mendapat Uang Tunai sebesar 750 Ribu Rupiah, Piala dan Piagam dan yang terakhir Harapan III mendapatkan Uang Tunai sebesar 500 Ribu Rupiah, Piala dan Piagam, tentunya seluruh peserta yang belum mendapat nilai terbaik juga mendapat Piagam.

Keberhasilan Bupati Agam menciptakan dan melaksanakan Program Musabaqah Hifdzil Qur’an ini dinilai mampu meningkatkan minat masyarakat mendirikan Rumah Tahfidz, selaras akan meningkatkan jumlah generasi Penghafal Al Qur’an di Kabupaten Agam, dengan demikian generasi Qur’ani Agam menjadi pilar kuat masyarakat Madani yang sedang dibangun Pemkab Agam.

Di lain paradigma, sinergitas terhadap MUI Kabupaten Agam tentu membangkitkan kembali semangat ketokohan ulama dari Agam agar generasi Qur’ani yang disiapkan dari kebijakan Pemkab Agam mampu melahirkan  kembali Ulama Besar dari Kabupaten Agam. Hal itu  disampaikan Ketua Majelis Ulama Kabupaten Agam, Dr. Muhammad Taufik.

 


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Marjanis, menyambut baik upaya Pemkab Agam mendirikan 1000 Rumah Tahfidz. MUI Kabupaten Agam, Kantor Kemenag bersama Pemkab Agam atas cita-cita mulia Bupati Agam tersebut, telah sepakat menandatangani MoU tentang pendirian 1000 Rumah Tahfidz di Kabupaten Agam.

Dari perhelatan Musabaqah Hifdzil Qur’an yang pertama dapat disimpulkan bahwa Pemkab Agam berhasil menciptakan Alat Evaluasi keberhasilan kebijakan pemerintah yang sangat objektif, terukur dan terintegrasi dengan seluruh elemen masyarakat.

Mudah-mudahan masyarakat Agam memahami apa yang dilakukan Bupati untuk rakyatnya, mari sama sama kita saling membantu dan bekerjasama demi terwujudnya, Masyarakat Madani dengan seluruh keberkahan yang Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang limpahkan atasnya.

Maju generasi Qur’aninya, maju Rumah Tahfidznya,  Madani Agamnya.(FuadRiza)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre