Breaking News

Minta Perangkat Daerah Fokus Wujudkan Good Governance


TARAKAN, FIGURNEWS.COM -  

Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengungkapkan Reformasi Birokrasi merupakan bagian dalam upaya menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.

Menurutnya, pembaharuan dan perubahan dilakukan agar pemerintah dapat memberikan pelayanan public yang berkualitas dan meningkatkan kepercayaan public kepada pemerintah.

“Perubahan tidak dapat terjadi tanpa adanya tekad dan komitmen dari pimpinan. Karena kunci utama dari pelaksanaan reformasi birokrasi dan kesuksesan pencanangan zona integritas adalah komitmen pimpinan,”terang Gubernur, Rabu (11/9).

Sebab, pembangunan dan pelaksanaan reformasi birokrasi yakni membangun sistem dan kebiasaan yang sangat membutuhkan pemahaman dan kesungguhan bersama dari berbagai pihak.

“Oleh karena itu, pimpinan tertinggi suatu daerah dan unit kerja harus memiliki tekad dan komitmen menuju perubahan yang lebih baik,”terangnya.

Dikatakannya, reformasi birokrasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola pemerintahan.

Di mana tata kelola pemerintahan yang baik merupakan prasyarat utama kesuksesan pembangunan nasional. Kualitas tata kelola pemerintahan akan sangat mempengaruhi pelaksanaan program pembangunan nasional.

“Semakin baik tata kelola pemerintahan suatu daerah, semakin cepat pula perputaran roda pembangunan pemerintah daerah yang berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Berdasarkan hasil evaluasi, Reformasi Birokrasi Pemprov Kaltara pada tahun 2021 mendapatkan nilai 65,97 dengan predikat B. Tahun ini, kata Gubernur, telah dilakukan evaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada September lalu.

Sebagai wujud implementasi dan peningkatan reformasi birokrasi, Pemprov Kaltara akan melaksanakan penandatangan komitmen kepala daerah dengan pemerintah pusat.

“Saya berharap agar semua perangkat daerah dapat berkomitmen yang tinggi dan pemahaman yang kuat terhadap 8 Area Perubahan Reformasi Birokrasi serta terlibat aktif dalam penerapannya,”papar Gubernur.

Gubernur juga memberikan penghargaan atas penilaian kinerja perangkat daerah dan penilaian kinerja individu di lingkungan Pemprov Kaltara. (*****)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre